Korlantas Polri Siapkan Skema Contra Flow di Tol Cipularang saat Mudik Lebaran 2023

- 10 April 2023, 21:25 WIB
Ilustrasi jalan tol.
Ilustrasi jalan tol. /JASA MARGA

PRFMNEWS - Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigadir Jenderal Pol. Ery Nursatari mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan skenario untuk lalu lintas yang berupa contra flow.

Contra flow tersebut akan dilaksanakan di Tol Cipularang arah ke timur untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2023.

"Tahun ini sudah ada pelebaran jalan. Jadi, kita tetap akan melakukan contra flow sehingga untuk pemudik dari Bandung tetap bisa ke Jakarta. Kita siapkan 1 sampai 2 lajur. Jadi tetap bisa jalan," ujar Ery yang dikutip dari Antara, Senin 10 April 2023.

Baca Juga: Jasamarga Maksimalkan Petugas untuk Sambut Arus Mudik Lebaran 2023

Ery juga mengatakan bahwa Korlantas Polri belajar dari kejadian tahun lalu, yaitu diterapkannya sistem one way yang membuat terjadi kemacetan dari Bandung menuju Jakarta.

Maka dari itu, sistem one way rencananya hanya akan diterapkan di Tol Cipali. Sistem one way tersebut diberlakukan karena Tol Cipali hanya memiliki 2 lajur di masing-masing jalurnya.

"Khususnya kita memang bermasalah di Tol Cipali yang baru 2 lajur. Mungkin one way kita lakukan, tetapi bisa juga 1 lajur yang kita buka, situasional lah," kata Ery.

Baca Juga: 11 Aplikasi Info Penunjuk Jalan Saat Mudik Terbaik di HP Android, Nggak Cuma Google Maps!

Korlantas Polri bersama Kementerian PUPR telah melakukan peninjauan ke lapangan sejak Januari hingga Februari 2023 lalu.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x