Kapan Malam Lailatul Qadar 2023 dan Bagaimana Tanda-tandanya? Ini Penjelasannya

- 6 April 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi keutamaan Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi keutamaan Malam Lailatul Qadar /Burak The Weekender/Pexels

PRFMNEWS - Bulan Ramadhan selalu istimewa untuk umat islam di seluruh dunia. Salah satu alasannya, karena hanya di bulan Ramadhan-lah kita bisa menemukan malam Lailatul Qadar atau yang juga sering disebut sebagai malam seribu bulan.

Disebut malam seribu bulan karena ibadah apa pun yang kita kerjakan di malam itu, pahalanya akan sama seperti pahala ibadah seribu bulan bahkan lebih. Sayangnya, malam yang mulia ini tidak terjadi setiap malam nih! Jadi kapan dong malam Lailatul Qadar tiba?

Yuk, kenali beberapa tanda-tandanya dan cara mendapatkan malam tersebut di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan supaya bisa mendapat pahala ibadah seribu bulan!

Baca Juga: Polisi Israel Serang Jemaah Masjid Al-Aqsa yang Sedang Beribadah, 7 Orang Terluka

Meskipun malam yang tepat ketika Lailatul Qadar terjadi belum pernah disebutkan di mana pun, namun, Nabi Muhammad (SAW) telah mengarahkan kita untuk mencari Lailatul Qadar selama malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Hal yang sama juga terlihat dari Hadits berikut:

Diceritakan oleh Aisyah (RA) bahwa Rasulullah (SAW) mengatakan:

“Carilah Malam Qadar di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.”

(Sahih Bukhari: 2017)

Berarti Lailatul Qadar jatuh pada malam Ramadhan ke-21, 23, 25, 27, atau 29. Namun, sebagian besar telah menekankan bahwa kemungkinan terbesar ialah pada malam ke-27 Ramadhan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x