Mengapa Malam Lailatul Qadar Dirahasiakan oleh Allah SWT dan Utusannya? Ternyata Ini Hikmahnya

- 23 April 2022, 22:04 WIB
Sampai Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Berikut Informasi Selengkapnya
Sampai Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Berikut Informasi Selengkapnya /Pexels/ Itzyphoto/

PRFMNEWS - Diantara keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya satu malam istimewa yang dinamakan لَيْلَةُ الْقَدْرِ (Lailatul Qadri) – malam Lailatul Qadar.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar dapat kita tinjau dari surah ke-97 yakni Al-Qadr:

بِــــــــــــــــــــــــــسْـــمِ الــــلّـــه الـــرَّحْـــمَـــانِ الـــرَّحِـــــــــــــــــــــــــــيْـــمِ

اِنَّاۤ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَاۤ اَدْرٰٮكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلٰٓئِكَةُ وَا لرُّوْحُ فِيْهَا بِاِ ذْنِ رَبِّهِمْ ۚ مِّنْ كُلِّ اَمْرٍ (٤) سَلٰمٌ  ۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ(٥)

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadar dan apa itu malam Qadr? Malam Qadr adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan pada malam itu turun para malaikat dan sang Ruh (Jibril) dengan izin dari Tuhan mereka untuk mengatur segala urusan malam itu sejahtera sampai terbit Fajar.”

Baca Juga: Longsor Terjang Pasirjambu Bandung Malam Hari Ini

Selain menjadi malam yang diturunkannya ayat-ayat Al-Quran, ternyata ibadah di malam ini juga akan bernilai lebih banyak daripada ibadah selama seribu bulan.

Tak hanya itu para Malaikat akan pun turun serta kesejahteraan akan dirasakan selama malam Lailatul Qadar sampai terbit Fajar.

Jumhur Ulama berpendapat malam Lailatul Qadr ini akan terus berulang di setiap bulan Ramadhān. Sebagaimana yang sudah terkonfirmasi dalam suatu Hadits dari Abu Sa'id Al-Khudri RA. Beliau berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda:

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x