3 Strategi Menhub Urai Kepadatan Akibat Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Merak Masa Mudik Lebaran 2023

- 15 Maret 2023, 12:05 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi paparkan cara urai kepadatan akibat lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak ketika mudik Lebaran
Menhub Budi Karya Sumadi paparkan cara urai kepadatan akibat lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak ketika mudik Lebaran /dephub.go.id

PRFMNEWS – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi potensi lonjakan pergerakan penumpang kapal dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten agar tetap bisa terkendali pada masa mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Ada tiga upaya yang disiapkan Menhub Budi untuk mengantisipasi kepadatan penumpang kapal dan kendaraan yang akan menyeberang di Pelabuhan Merak pada masa mudik Lebaran 2023.

Menhub Budi menyatakan tiga strategi untuk antisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak ini disiapkan sejak dini oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingat lonjakan pemudik tahun ini diprediksi akan lebih tinggi dibanding masa mudik Lebaran 2022.

Baca Juga: Ingin Beli Beras dan Minyak Goreng di Pasar Murah? Ikuti Aturan yang Diterapkan Pemkot Bandung ini

"Persiapan dan koordinasi kami lakukan sejak dini dan InshaAllah pelaksanaannya akan lebih baik dari tahun lalu," ujar Menhub, Sabtu 11 Maret 2023.

Adapun tiga langkah dan kebijakan yang akan dilakukan Kemenhub agar lonjakan pergerakan penumpang kapal dan kendaraan tetap bisa terkendali, pertama yaitu menyiapkan penambahan dermaga alternatif untuk memecah kepadatan di tujuh dermaga yang ada di Merak.

"Kami siapkan lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan dan satu dermaga di Pelabuhan Indah Kiat, Banten," ujarnya.

Sementara, kapal yang beroperasi di Merak sebanyak 65 unit dan di Ciwandan sebanyak 15 unit.

Baca Juga: Ditangkap di Terminal, Pelaku Pembunuhan di TMP Bandung Ngaku Terpojok Saat Cekcok dengan Korban

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x