Kominfo Berbagi Tips Belanja Online Anti Komplain, Bebas Zonk dan Aman dari Tipu-tipu

- 13 Februari 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi e-commerce
Ilustrasi e-commerce /PEXELS

 

PRFMNEWS – Berikut tips menghindari kerugian akibat belanja online penting diketahui bagi Anda yang hobi belanja berbagai produk lewat marketplace atau e-commerce dan sosial media (sosmed).

Tips belanja online aman di e-commerce dan sosmed wajib dipahami agar Anda bisa belanja baju, alat dan produk kecantikan, makanan atau barang lainnya yang terbebas dari komplain bahkan penipuan.

Tentu, Anda tak ingin barang yang sudah dipesan ketika datang berbeda atau tidak sesuai harapan kan? Parahnya lagi, Anda sudah transfer pembayaran tapi barang pesanan tak kunjung datang.

Baca Juga: Simak Tips Agar Belanja Online Tidak Berujung Komplain dan Barang yang Datang Sesuai dengan Ekspektasi

Berikut ini 5 tips belanja online aman di marketplace atau sosmed agar terhindar dari penipuan dan bebas dari komplain seperti dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulis Kementerian Kominfo:

1. Cek rating online shop

Sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online. Alangkah baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu terhadap reputasi penjual atau online shop tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda cek yakni, memastikan status toko online itu aktif atau tidak, berapa lama penjual sudah berjualan, hingga beberapa review dari pembeli sebelumnya.

Biasanya, toko online baik di e-commerce maupun sosmed yang terpercaya banyak mendapat rating bagus dari para pembeli.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x