Curhat Kesedihan Jokowi soal Nasib Keuangan Media Konvensional dari Belanja Iklan yang Ketat Persaingan

- 9 Februari 2023, 16:30 WIB
Presiden Jokowi di acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan.
Presiden Jokowi di acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan. /Tangkapan Layar/ youtube Kesekretariatan Presiden

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sedih dan prihatin melihat kondisi belanja iklan pada industri media pers konvensional di Indonesia yang tinggi persaingan dengan platform digital.

Kesedihan Presiden Jokowi soal kondisi belanja iklan yang sedang tidak baik-baik saja sehingga akan mempengaruhi keuangan dan keberlanjutan industri media konvensional dalam negeri disampaikannya saat sambutan di Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Presiden Jokowi pada acara HPN 2023 yang digelar di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara, Kamis 9 Februari 2023 mengungkapkan, saat ini sekitar 60 persen belanja iklan diambil oleh platform digital asing.

Baca Juga: SvD Doakan Persib Jadi Juara Liga 1 Musim ini

Jika ketimpangan kondisi belanja iklan yang kini makin dikuasai oleh platform asing ini tidak segera diatasi, maka bukan tidak mungkinan media konvensional akan menghadapi tantangan yang semakin berat.

“Saya mendengar banyak mengenai ini, bahwa sekitar 60 persen belanja iklan telah diambil oleh media digital terutama platform-platform asing. Ini sedih lho kita," ujar Jokowi, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Itu artinya, lanjut Presiden, sumber daya keuangan media konvensional akan semakin berkurang.

Meski kini sebagian media konvensional sudah mengembangkan diri ke media digital, namun kuasa platform asing masih mendominasi.

Baca Juga: KAI Ungkap Kereta Panoramic dengan Jadwal dan Rute Baru di Februari 2023 Laris Manis Diburu Penumpang

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah