Pulau Baru Muncul di Kepulauan Tanimbar Usai Gempa M7,5 di Maluku

- 11 Januari 2023, 08:15 WIB
Fenomena pulau muncul di atas permukaan air laut setelah gempa berkekuatan magnitudo lebih dari 7 mengguncang Maluku, di Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.
Fenomena pulau muncul di atas permukaan air laut setelah gempa berkekuatan magnitudo lebih dari 7 mengguncang Maluku, di Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi. /

 

PRFMNEWS - Gempa berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang wilayah Maluku, selain merobohkan rumah warga dan membuat warga mengungsi, membawa fenomena baru.

Sebuah pulau baru muncul di permukaan air di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, setelah gempa yang berpusat di Barat Laut Maluku Tenggara Barat itu terjadi pada Selasa, 10 Januari 2023, dini hari.

"Muncul tumpukan material sehingga membentuk pulau. Kebijakan yang ditempuh, kami arahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu," kata Kepala Desa Teinaman, Bony Kelmaskosu.

Baca Juga: Hunian Tetap untuk Korban Gempa Cianjur Ditargetkan Rampung Sebelum Lebaran Idulfitri

Menurut Bony, warganya ketakutan dengan munculnya pulau baru itu sehingga mereka memilih untuk mengungsi.

Belum dijelaskan secara ilmiah tentang munculnya pulau baru di Tanimbar itu, tetapi sejumlah saksi menyebut pulau baru itu muncul setelah Gempa Maluku.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Luthfy Pary, menerangkan pihaknya perlu kajian lebih mendalam untuk memastikan fenomena itu.

Baca Juga: 135 Anak Kehilangan Orang Tua Akibat Gempa Cianjur

Luthfy hanya mengungkap istilah yang mirip dengan fenomena ini dikenal dengan 'mud volcano'.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x