Marak Penipuan ‘Phishing’ Berkedok Promo KAI, Waspadai Sejumlah Link Mencurigakan ini di Medsos

- 5 Januari 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi penipuan online berkedok promo dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).
Ilustrasi penipuan online berkedok promo dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). /Pixabay/methodshop

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero meminta masyarakat mewaspadai aksi penipuan berkedok promosi yang kembali ramai beredar di media sosial (medsos) dan aplikasi percakapan, seperti WhatsApp (WA).

Aksi penipuan ini umumnya meminta masyarakat untuk mengklik link atau alamat situs mencurigakan yang muncul di medsos dan WA berkedok promosi dengan menampilkan identitas KAI.

KAI menyampaikan, link mencurigakan berpotensi penipuan jenis ‘phishing’ atau upaya untuk mendapatkan informasi pribadi seseorang dengan teknik pengelabuan ini umumnya menyertakan logo, nama, dan foto-foto perkeretaapian.

Baca Juga: Link Streaming Indonesia vs Vietnam di Leg 1 Semifinal Piala AFF 2022

Langkah menyertakan berbagai identitas KAI dibarengi link yang diminta dibuka oleh target penipuan ini dilakukan pelaku guna lebih meyakinkan bahwa promosi yang ditawarkan benar-benar berasal dari KAI.

Sejumlah link penipuan promo KAI yang perlu diwaspadai masyarakat ini memiliki ciri-ciri alamat situs yang mencurigakan.

Antara laian, https://mmmjemp.cn, https://bankruptcymelodious.cn, https://qxowtod.cn, https://crueltyspongy.cn, https://ambulancesodium.cn, https://negotiatefoam.cn, https://deceptivebuffalo.cn, dan lainnya.

Baca Juga: Roadshow ‘Rembug Bedas’ 2023 Perdana, Bupati Bandung Bakal Dengarkan Curhat Warga di DMJ Tegalluar Hari ini

“Agar masyarakat jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut. Kemudian juga jangan menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan tersebut,” tegas VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x