Kemensos Fasilitasi Pembuatan Dokumen Kependudukan untuk Warga Korban Gempa Cianjur

- 6 Desember 2022, 06:40 WIB
Ilustrasi KTP.
Ilustrasi KTP. /prfmnews

PRFMNEWS – Kementerian Sosial (Kemensos) akan memfasilitasi pembuatab dokumen kependudukan untuk warga yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kemensos fasilitasi pembuatan dokumen kependudukan bagi yang rusak atau hilang dan memberikan layanan surat ahli waris yang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Cianjur.

“Kemensos bersama Disdukcapil Kabupaten Cianjur memastikan warga penyintas memiliki KK dan KTP kembali, yang sebelumnya sudah ada tapi karena gempa kebanyakan rusak bahkan hilang. Maka penting dilakukan cetak ulang. Ada juga perekaman baru bagi yang belum memiliki KTP,” kata Kepala Sentra Tepadu Pangudi Luhur I Ketut Supena dikutip oleh prfmnews.id dari ANTARA hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

Baca Juga: Pemerintah Bangun 200 Hunian Tetap Bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

Layanan kependudukan tersebut sedang diselenggarakan di posko pengungsian, Lapangan Cariu Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur sejak 3 Desember 2022 hingga 6 Desember 2022.

Sebanyak 286 keluarga telah mencetak ulang Kartu Keluarga (KK), 478 orang cetak ulang KTP, dan 91 orang melakukan perekapan KTP Baru karena belum miliki KTP.

I Ketut juga mengatakan layanan ini akan dilanjutkan di kecamatan lain yang terdampak gempa bumi. Kemensos ingin memberikan pelayanan, terutama kebutuhan dasar.

Baca Juga: Hasil Penyelidikan Kematian 1 Keluarga di Kalideres Diumumkan Jumat Ini

“Kita pastikan mereka mendapatkan hak dasarnya untuk kembali memiliki identitas kependudukan,” tandas I Ketut.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x