Pemerintah Bangun 200 Hunian Tetap Bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

- 5 Desember 2022, 22:07 WIB
Rumah Tahan Gempa RISHA yang dibangun di Cianjur.
Rumah Tahan Gempa RISHA yang dibangun di Cianjur. /BNPB


PRFMNEWS - Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menyiapkan lahan relokasi hunian tetap (huntap) untuk korban terdampak gempa bumi Cianjur.

Huntap itu dibangun di Desa Sirnagalih, Kec. Cilaku, Kab. Cianjur, Jawa Barat di atas lahan 2,5 hektare dan disiapkan sebanyak 200 rumah dengan struktur tahan gempa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep S. Alamsyah pada konferensi pers Update Penanganan Gempa Bumi Cianjur, Minggu 4 Desember 2022.

Baca Juga: Tenaga Kesehatan Polri Rutin Periksa Pasien Pasca Gempa Bumi Cianjur

"Akan disiapkan sebanyak 200 rumah instan sederhana, sehat, dan struktur tahan gempa,” ujar Cecep.

Ia menuturkan, bagi warga yang rumahnya rusak berat tidak ditempatkan di hunian sementara, tetapi langsung dibangun hunian tetap.

Selama menunggu proses pembangunan huntap, warga terdampak menerima dan tunggu hunian sebesar Rp500 ribu per KK.

Baca Juga: Sebelum Lebaran 2023, Korban Gempa Cianjur Ditargetkan Sudah Tempati Rumah Baru yang Tahan Gempa

Selain di Cilaku, Pemda Cianjur juga sudah mengusulkan lahan seluas 30 Hektar yang berlokasi di Kecamatan Mande yang merupakan calon tempat tinggal bagi warga terdampak yang direlokasi.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Iwan Suprijanto, menjelaskan bahwa rumah yang akan dibangun di lahan seluas 2,5 hektare tersebut dibangun dengan teknologi rumah tahan gempa atau Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Masing-masing rumah bertipe 36 dan dibangun di atas lahan 75 meter persegi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x