Tim SAR Gabungan Fokus Pada Pencarian 39 Orang Hilang Korban Gempa Cianjur pada Hari ini

- 25 November 2022, 10:30 WIB
Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban tertimbun material bangunan rumah di Desa Cibereum Keler, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022.
Tim SAR gabungan melakukan pencarian korban tertimbun material bangunan rumah di Desa Cibereum Keler, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022. / Antara/ Yulius Satria Wijaya/

PRFMNEWS - Sebanyak 39 orang korban gempa Cianjur masih dinyatakan hilang.

Tim SAR gabungan pun akan kembali melanjutkan proses pencarian terhadap 39 orang yang masih dinyatakan hilang akibat gempa Cianjur.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril mengatakan, pencarian 39 orang yang masih dinyatakan hilang ini akan dilakukan oleh tim yang terbagi ke dalam tiga area.

Area pencarian korban difokuskan di Warung Sate Sinta, area RW 1 Desa Cijedil, dan area Kampung Cidadas Desa Cijedil. Ketiga area itu berada di wilayah Kecamatan Cugenang.

Baca Juga: Waspadai Penyebab Polio Mendadak, Dinkes Kota Bandung Minta Masyarakat Disiplin Lakukan Upaya Pencegahan

"Setiap SRU (search and rescue unit) diharapkan bisa melaksanakan aksi pencarian dan pertolongan yang telah ditentukan," kata Jumaril selaku koordinator misi pencarian dan penyelamatan korban gempa Cianjur.

Mengutip dari ANTARA, untuk di area RW 1 Desa Cijedil, menurut dia, ada 472 personel yang dikerahkan dan empat personel life detector serta empat anjing pelacak.

Kemudian di Kampung Cidadas, pihaknya mengerahkan 480 personel dan empat personel life detector serta dua anjing pelacak.

Baca Juga: Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dibanderol Mulai dari Rp125 Ribu

Sedangkan di Warung Sate Sinta, kata dia, pencarian terbagi ke dalam dua shift. Sebanyak 241 personel dan lima anjing pelacak dikerahkan pada shift pertama serta sebanyak 245 personel dan empat personel life detector pada shift kedua.

Selain giat evakuasi, menurut dia, pada hari kelima akan ada penyaluran dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral ke wilayah terisolir dampak gempa bumi Cianjur.

"Pada hari kelima ini ada 1.408 personel dari 192 instansi atau organisasi yang terlibat dalam upaya pencarian. Personel sebanyak itu terdiri atas personel tim SAR, petugas medis, dan petugas logistik," katanya.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Jadi Pemain Pertama yang Cetak Gol di Lima Edisi Piala Dunia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x