Dinkes: 129 Korban Gempa Cianjur Dirawat di 9 RS di Kota Bandung, Didominasi Pasien Luka Berat

- 25 November 2022, 07:15 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Anhar Hadian ditemui di Balai Kota Bandung hari ini Rabu, 23 November 2022.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Anhar Hadian ditemui di Balai Kota Bandung hari ini Rabu, 23 November 2022. /Tommy Riyadi/prfmnews

PRFMNEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat total 129 pasien korban gempa Cianjur dirawat di sembilan rumah sakit (RS) yang ada di Kota Bandung.

Jumlah 129 pasien korban gempa Cianjur menjalani perawatan di sembilan RS di Kota Bandung ini merujuk data sementara yang dihimpun Dinkes per Rabu, 23 November 2022 malam.

Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian mengatakan, dominasi korban gempa Cianjur yang dirawat di 9 RS Kota Bandung ini adalah pasien yang mengalami luka berat termasuk patah tulang.

Anhar memastikan sejumlah rumah sakit di Kota Bandung selain sembilan RS ini akan siap berkontribusi menjadi fasilitas pelayanan kesehatan rujukan untuk merawat para korban gempa Cianjur.

Baca Juga: Rumah Sakit di Kota Bandung Diminta untuk Tambah Kasur Bagi Pasien Covid-19

"Kami telah berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit di Kota Bandung untuk berkontribusi menyiapkan rumah sakit rujukan bagi korban gempa," katanya, Kamis 24 November 2022.

Anhar juga mengaku terus berkoordinasi dengan pihak rumah sakit yang tersebar di Kota Bandung agar tidak melakukan penolakan ketika menerima pasien korban gempa Cianjur.

Ia menuturkan, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan sudah berkoordinasi menyediakan RS rujukan di Kota Bandung untuk mencegah penumpukan pasien hanya di salah satu rumah sakit saja.

"Kami instruksikan rumah sakit jangan ada penolakan. Khawatir adanya penumpukan (pasien di salah satu rumah sakit saja), Alhamdulillah sudah ada pengaturan dari Kemenkes sehingga diharapkan tidak ada penumpukan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x