Puting Beliung di Cimaung, BPBD Bandung Imbau Warga Waspada Angin dan Petir di Musim Pancaroba

- 26 April 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi detik-detik angin puting beliung
Ilustrasi detik-detik angin puting beliung /Jan Mallander/pixabay

CIMAUNG, PRFMNEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan akan angin kencang dan petir pada periode musim pancaroba atau peralihan dari hujan ke kemarau yang saat ini terjadi di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Peningkatan kewaspadaan ini disampaikan BPBD Kabupaten Bandung pasca terjadinya bencana angin puting beliung yang menerjang Kecamatan Cimaung pada Rabu, 24 April 2024 sore sekira pukul 15.30 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama bencana menyampaikan angin puting beliung rawan terjadi saat peralihan musim hujan ke kemarau.

Baca Juga: Jelang Pilkada 2024, Golkar Dorong Ridwan Kamil Kembali Jadi Gubernur Jawa Barat

Kondisi pancaroba menurutnya memicu cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai angin kencang dan petir sehingga bisa memicu terjadinya bencana hidrometeorologi termasuk puting beliung.

“Ini sudah mulai musim pancaroba dari musim hujan ke kemarau begitu. Nah justru ini perlu diwaspadai ya, kalau untuk musim pancaroba ini karena biasanya disertai dengan adanya angin kencang dan petir,” kata Uka, Kamis 25 April 2024.

Lebih lanjut, Uka mengungkapkan, puting beliung di Cimaung pada Rabu sore tidak menyebabkan korban jiwa, namun terdapat puluhan rumah mengalami kerusakan berat karena tertimpa pohon yang tumbang.

Baca Juga: Lebih dari 200 Ribu Orang Mudik Naik Kereta Cepat Whoosh

“Kami sudah menerjunkan personel dari di lapangan, anggota di lapangan untuk melaksanakan evakuasi serta asesmen kepada rumah-rumah warga yang terdampak,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x