Waspadai Penyebab Polio Mendadak, Dinkes Kota Bandung Minta Masyarakat Disiplin Lakukan Upaya Pencegahan

- 25 November 2022, 09:40 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Anhar Hadian ditemui di Balai Kota Bandung hari ini Rabu, 23 November 2022.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Anhar Hadian ditemui di Balai Kota Bandung hari ini Rabu, 23 November 2022. /Tommy Riyadi/prfmnews

PRFMNEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung meminta masyarakat mewaspadai kasus polio atau lumpuh layuh mendadak yang dipicu sejumlah penyebab, seperti terjadi di Aceh.

Kewaspadaan terjadinya kasus polio mendadak ini ditegaskan Dinkes Kota Bandung mengingat kondisi tersebut di Aceh telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian menyatakan hingga kini kasus polio mendadak yang lebih rentan terjadi pada anak usia di bawah 15 tahun ini tidak ditemukan di Kota Bandung.

Baca Juga: Ada KLB Polio di Aceh, Pemkot Bandung Jalankan Arahan dari Kemenkes

Meski demikian, mewaspadai penyebab lumpuh layuh mendadak ini tetap wajib dilakukan oleh masyarakat di Kota Bandung dengan melakukan sejumlah upaya pencegahan.

Terlebih, kata Anhar, Kemenkes sudah membuat surat edaran sebagai pedoman kepada para tenaga kesehatan (nakes) untuk bantu masyarakat mencegah penularan virus polio mendadak ini.

Anhar menyampaikan bahwa surat edaran Kemenkes bagi para nakes ini terbagi menjadi dua, yakni untuk penanganan di wilayah Aceh dan luar Aceh.

"Untuk di luar Aceh, tindakan yang harus dilakukan adalah menguatkan tracing Surveilans Acute Flaccid Paralysis (AFP) atau biasa dikenal dengan lumpuh layuh mendadak yang terjadi pada usia di bawah 15 tahun," jelasnya.

Baca Juga: Putaran Pertama Liga 1 Akan Dilanjutkan Pada 2 Desember dengan Sistem Bubble dan Tanpa Penonton

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x