Dokter Sebut Omicron XBB Punya Sifat Unik Sehingga Berpotensi Tidak Terdeteksi Tes Antigen

- 2 November 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi Covid-19 XBB tidak terdektesi tes antigen.
Ilustrasi Covid-19 XBB tidak terdektesi tes antigen. // Pixabay/ MintBlack4u

PRFMNEWS – Seorang dokter spesialis paru menyatakan Covid-19 subvarian Omicron XBB mempunyai sifat unik sehingga berpotensi tidak dapat terdeteksi melalui tes Antigen.

Tak hanya itu, dokter ini juga menyebut subvarian Omicron XBB memiliki sifat lebih cepat menular antarsesama manusia, meski gejala yang ditimbulkan relatif ringan.

Sifat khas Covid-19 subvarian Omicron XBB tersebut diungkap dr. Qamariah Laila, Sp.P yang kini berpraktik di Rumah Sakit Paru Dr. H. A. Rotinsulu, Kota Bandung.

Baca Juga: TERJAWAB, Ini Alasan Iwan Bule Tidak Mundur dari Jabatan Ketum PSSI

Qamariah menjelaskan alasan Omicron XBB berpotensi tidak terdeteksi tes Antigen karena sifatnya yang mampu mengelabui antibodi pasien terinfeksi, baik yang terbentuk melalui riwayat infeksi varian sebelumnya maupun vaksin.

"Sifat unik dari subvarian ini yaitu bisa mengelabui antibodi sehingga ini menjadi tantangan buat kita," katanya, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Selain itu, lanjutnya, subvarian Omicron XBB juga sangat mungkin menjangkiti orang yang sudah pernah terkena Covid-19 varian sebelumnya dan orang yang sudah melakukan vaksinasi.

Baca Juga: CFD di Kota Bandung Diadakan Lagi Mulai 6 November, Kata Yana Mulyana

Qamariah menyebut pula, sebagai turunan dari varian Omicron, subvarian XBB masih memiliki banyak sifat yang sama seperti induknya yaitu mampu menular dengan cepat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x