Gangguan Ginjal Akut Misterius Ditemukan pada 42 Anak di DKI Jakarta, Kemenkes Bentuk Tim Investigasi

- 15 Oktober 2022, 06:51 WIB
Ilustrasi anak sakit
Ilustrasi anak sakit /PIXABAY/Victoria_Borodinova


PRFMNEWS – Ditemukan kondisi gangguan ginjal akut misterius yang terjadi pada anak dengan usia di bawah 6 tahun di DKI Jakarta.

Disampaikan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta berdasarkan laporan sejak 1 Januari 2022 hingga 13 Oktober 2022 ditemukan sebanyak 42 kasus. Dari data tersebut, tercatat sebanyak 25 kasus meninggal dunia.

Menanggapi kasus ini Kementerian Kesehatan RI membentuk tim investigasi kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak di Indonesia untuk mengungkap dan menangani laju kasus.

Baca Juga: Waspada Sakit Pinggang Salah Satu Tanda Menderita Batu Ginjal, Berikut Penyebabnya Dijelaskan dr. Panco

"Kementerian Kesehatan telah membentuk tim terdiri atas Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk penyelidikan dan penanganan kasus gangguan ginjal akut misterius," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia dilansir dari Antara, Jumat 14 Oktober 2022.

Terkait penyebab terjadinya gagal ginjal akun misterius tersebut, saat ini masih dalam investigasi. Namun, Dinkes DKI Jakarta menambahkan adanya beberapa penyebab gangguan ginjal akut misterius yang teridentifikasi adalah infeksi leptospirosis, influenzae, parainfluenzae.

Baca Juga: Waspada Sakit Pinggang Salah Satu Tanda Menderita Batu Ginjal, Berikut Penyebabnya Dijelaskan dr. Panco

Kemudian, MISC/long COVID-19, virus Cytomegalovirus atau CMV yakni kelompok virus herpes, selanjutnya virus Herpes simplex virus (HSV), bocavirus, legionella, shigella, dan e.coli.

Meski begitu berbagai upaya masih terus dilakukan semua pihak untuk mengetahui penyebab pastinya. Begitu juga dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang telah melakukan koordinasi dengan tenaga kesehatan di sejumlah wilayah untuk melaporkan temuan kasus tersebut.

Baca Juga: Catat, ini 7 Makanan Perusak Bagi Ginjal

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x