Warga Penuhi Syarat ini Bakal Dibantu Pasang Listrik Baru dari Pemerintah, Khusus 83 Ribu Rumah di Tahun 2023

- 24 September 2022, 16:05 WIB
Ilustrasi, warga dibantu pasang listrik baru oleh pemerintah dengan syarat khusus.
Ilustrasi, warga dibantu pasang listrik baru oleh pemerintah dengan syarat khusus. /Antara/M Agung Rajasa/

PRFMNEWS – Pemerintah melalui Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memberi bantuan pasang sambungan listrik baru untuk masyarakat yang penuhi syarat khusus.

Sebanyak 83.000 rumah tangga (RT) penuhi syarat jadi target penerima Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Kementerian ESDM pada tahun 2023.

Program Bantuan Pasang Baru Listrik pada 83.000 rumah tangga pada 2023 ini disepakati Kementerian ESDM bersama Komisi VII DPR RI dalam rapat kerja terkait Penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) Tahun Anggaran 2023.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ruang Rahasia Ferdy Sambo Akhirnya Ditemukan Penyidik?

Keduanya menyepakati untuk meningkatkan jumlah bantuan sambungan listrik baru bagi masyarakat kurang mampu menjadi 83.000 RT yang meningkat sebanyak 3.000 rumah dari tahun sebelumnya 80.000 rumah.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkap Program BPBL ini masuk dalam pagu kegiatan infrastruktur tahun anggaran 2023 yang menjadi sebesar Rp1,67 triliun dari sebelumnya hasil Raker sebesar Rp1,86 triliun.

“Biaya infrastruktur tersebut akan digunakan untuk pembagian konverter kit untuk nelayan dan petani, BPBL, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya/PLT Mikro Hidro, Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya, Alat Penyalur Daya Listrik, dan pembagian modern clean energy cooking services," ujar Menteri Arifin.

Baca Juga: Besok! Naik Bus Trans Metro Bandung Gratis, Cuma Satu Hari Saja

Dari anggaran infrastruktur yang tersedia, Pemerintah bersama Komisi VII DPR sepakat untuk meningkatkan volume dan anggaran untuk BPBL dari tahun anggaran sebelumnya, 2022 sebesar 80.000 SR menjadi 83.000 SR pada tahun anggaran mendatang, 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x