Meski Harga BBM Pertalite Naik, Pertamina Pastikan Stok Tetap Aman

- 3 September 2022, 14:28 WIB
Ilustrasi Pertamina dan BBM subsidi.
Ilustrasi Pertamina dan BBM subsidi. /PERTAMINA


PRFMNEWS - Pemerintah telah resmi mengumumkan kenaikan harga BBM Pertalite, Pertamax, dan Solar yang berlaku mulai hari ini Sabtu 3 September 2022 mulai pukul 14.30 WIB.

Diketahui, harga terbaru Pertalite adalah Rp10.00 per liter, Pertamax Rp14.500 per liter, dan Solar Rp6.800 per liter.

Pertamina melalui keterangan resminya memastikan ketersediaan stok BBM subsidi masih aman. Masyarakat diminta tidak perlu khawatir dan tidak melakukan pembelian berlebihan atau panic buying.

Baca Juga: BREAKING NEWS Pemerintah Umumkan Harga Pertalite Naik Jadi Rp10 Ribu per Liter, Berlaku Mulai 14.30 WIB

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, Pertamina telah mengatur distribusi BBM subsidi ke setiap SPBU agar stok tetap terjaga dan aman.

“Melalui PIEDCC, Pertamina dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam memastikan ketersediaan stok BBM hingga di SPBU. Misal, stok di salah satu SPBU sudah menipis, kami bisa mengalihkan distribusi dan menjadikan SPBU itu sebagai prioritas, jadi masyarakat jangan khawatir dan kami imbau untuk tidak melakukan pembelian berlebihan,” kata Irto.

Baca Juga: TERBARU! Pemerintah Resmi Naikan Harga BBM Jenis Pertalite, Pertamax dan Solar Hari Ini

Ia menerangkan, selain meningkatnya konsumsi, mengatakan bahwa menjaga stok dan penyaluran Pertalite dan Solar menjadi sangat penting mengingat saat ini konsumsinya sekitar 85 persen dari total konsumsi BBM nasional.

Adapun ketahanan stok Pertalite dan Solar pada 2 September ini berada di angka yang aman, Pertalite di level 18 hari, Solar di level 20 hari, dan terus diproduksi. Proses produksi mulai dari hilir hingga ketersediaan stok BBM di SPBU juga terus dimonitor melalui Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC) secara real time.

Baca Juga: Pertamina Tegaskan Penetapan Harga Baru BBM Bersubsidi Adalah Wewenang Pemerintah

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x