Dinilai Termurah, Harga BBM Bakal Naik Lagi? Luhut: Mungkin Presiden Jokowi Umumkan Minggu Depan

- 20 Agustus 2022, 06:45 WIB
Ekonom menyebutkan apabila harga BBM subsidi dinaikan akan terjadi inflasi di atas 8 persen.
Ekonom menyebutkan apabila harga BBM subsidi dinaikan akan terjadi inflasi di atas 8 persen. /Antara/Andreas Fitri Atmoko/

PRFMNEWS – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menaikkan harga BBM.

Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pengumuman kenaikan harga BBM kemungkinan akan disampaikan Presiden Jokowi pada minggu depan.

Luhut memastikan, harga BBM jenis solar dan pertalite akan resmi naik jika benar Jokowi mengumumkan rencana kenaikan harga tersebut pada pekan depan.

Menurut Menko Luhut, Presiden Jokowi telah mengindikasikan bahwa pemerintah tidak bisa terus mempertahankan harga solar dan pertalite di harga saat ini.

Baca Juga: Tiga Poin Lagi, Persib Menang Tipis Lawan PSS

Hal tersebut, lanjut Luhut, lantaran harga BBM di Indonesia tergolong paling murah se-kawasan ASEAN.

"Itu modelling ekonominya saya kira sudah dibuat, nanti mungkin minggu depan Presiden akan mengumumkan mengenai apa, bagaimana, mengenai kenaikan harga (BBM) ini,” ucapnya, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

“Jadi Presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan terus demikian, karena kita harga BBM termurah se-kawasan ini. Kita jauh lebih murah dari yang lain dan itu beban terlalu besar kepada APBN kita," sambungnya.

Lebih lanjut Luhut mengakui Indonesia sudah cukup baik menjaga laju inflasi di level yang terkendali saat ini.

Inflasi Indonesia pada Juli 2022 tercatat sebesar 4,94 persen secara tahunan. Inflasi Indonesia masih lebih rendah dari sejumlah negara lain seperti Amerika Serikat yang mencapai 8,5 persen; Uni Eropa sebesar 8,9 persen, bahkan Turki sudah mencapai 79,6 persen.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x