Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun Ini Resmi Ditutup

- 18 Agustus 2022, 19:45 WIB
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menutup operasional ibadah haji tahun 2022 ini.
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menutup operasional ibadah haji tahun 2022 ini. /MCH 2022.

PRFMNEWS - Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022 resmi ditutup oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis 18 Agustus 2022.

"Dengan mengucap syukur alhamdulillah, operasional haji 1443 H saya nyatakan selesai. Kami berharap jemaah dan petugas yang melayani jemaah bisa mendapatkan haji mabrur. Semoga bangsa yang kita cintai semakin maju dan diberkati Allah. Pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," tutur Yaqut.

Dia menilai haji tahun ini terasa istimewa seiring adanya dua momentum besar, yaitu: Haji Akbar dan Hari Ulang Tahun ke 77 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Begini Cara untuk Mengenali dan Mencermati Keaslian dari Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022

Dua momentum itu sangat membahagiakan, ditambah misi haji 2022 yang terbilang sukses dan menjadi kado kemerdekaan. Terkait hal itu, Yaqut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sejumlah pihak.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo atas arahan dan petunjuk beliau, sehingga haji bisa berjalan tuntas dan baik. Terima kasih untuk Ketua dan Wakil Ketua DPR RI yang selalu memberikan support. Termasuk pimpinan Komisi VIII, secara khusus yang saat ini menjadi Wakil Ketua MPR RI, yang luar biasa enggagement kepada kita, memberi arahan dan solusi atas beragam kebuntuan," tuturnya.

Menag mengingat kembali momen keputusan mendadak dari Arab Saudi untuk menaikkan biaya Masya'ir. Menurut dia, saat itu sempat ada kebuntuan.

"Pak Yandri bersama sahabat-sahabat di Komisi VIII memberikan solusi yang sangat baik sehingga ibadah haji bisa terlaksana sesuai yang direncanakan," kenang Menag.

Baca Juga: Perbedaan dan Persamaan Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022 dengan Versi Lama, Diluncurkan BI Saat HUT ke-77 RI

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x