Unit Kereta untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Dikirim dari China ke Indonesia

- 5 Agustus 2022, 11:30 WIB
Rangkaian kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Rangkaian kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). /PT KAI/

PRFMNEWS - Mulai hari ini Jumat, 5 Agustus 2022, rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang dibuat di China mulai dikirim ke Indonesia.

Kabar ini disampaikan oleh pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dalam acara seremoni bertajuk "Penyelesaian Manufaktur dan Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)" yang disiarkan secara daring.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan, pengiriman ini akan menjadi sejarah sebagai kali pertama pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri.

"Pengiriman perdana EMU dan CIT ini akan menandai sejarah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri," kata Dwiyana Slamet Riyadi dalam acara tersebut.

Baca Juga: Penanganan Kasus Brigadir J dengan Scientific Crime Investigation yang Diterapkan Kapolri Dapat Apresiasi

Ia mengatakan pengiriman tersebut menjadi langkah penting dalam upaya penyelesaian proyek KCJB.

Kereta yang dikirim untuk proyek KCJB ini merupakan produksi dari CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China. Sebanyak 11 rangkaian kereta telah selesai diproduksi pada awal April tahun ini.

Dikutip dari ANTARA, tak cuma EMU, sebelumnya satu unit Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi juga sudah rampung diproduksi. Sebelum dikirim ke Indonesia, 12 rangkaian kereta ini telah menyelesaikan static test dan dynamic test.

Ia menyampaikan progres pembangunan proyek KCJB saat ini mencapai 85 persen.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x