Syarat ke Pulau Komodo Wajib Daftar di Aplikasi INISA, Juga Bisa Booking Tiket Pesawat, Hotel dan Lainnya

- 30 Juli 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi Pulau Komodo.
Ilustrasi Pulau Komodo. /Pixabay/Andrea_Maverick

PRFMNEWS – Kini, syarat pengunjung yang akan berwisata ke Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) wajib lakukan registrasi (pendaftaran) dan reservasi online melalui aplikasi INISA.

Syarat daftar online untuk kunjungan ke Pulau Komodo melalui aplikasi INISA ini bertujuan mendukung upaya konservasi habitat asli komodo di sana.

Registrasi online lewat aplikasi INISA ini juga berguna untuk menyukseskan pembatasan jumlah wisatawan ke Pulau Komodo melalui sistem manajemen kunjungan yang terintegrasi secara digital.

Baca Juga: Pengunjung Taman Nasional Komodo Akan Dibatasi, Harga Tiket Masuk Rp3,45 Juta Per Orang Mulai 1 Agustus Nanti

Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di Taman Nasional Komodo, Carolina Noge menyebutkan, wisatawan akan lebih mudah berkunjung menggunakan aplikasi INISA.

Aplikasi INISA adalah platform digital hasil kerja sama dengan Provinsi NTT yang di dalamnya menghadirkan berbagai layanan dan fitur untuk membuat wisata lebih praktis dan terencana.

Aplikasi ini terhubung dengan Sistem Wildlife Komodo, sistem registrasi dan reservasi online sesuai kuota yang diperuntukkan bagi mereka yang hendak berkunjung ke Pulau Komodo, Pulau Padar dan kawasan perairan sekitarnya.

Baca Juga: Wisatawan Nyalakan Petasan dari Atas Kapal di Kawasan Konservasi Taman Nasional Komodo

“Dengan dasar data reservasi, maka diketahui siapa, berapa, dan ke mana pengunjung akan berada di dalam kawasan. Hal ini tentu akan memudahkan pengelolaan, termasuk penjagaan dan patroli,” ujar Carolina.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x