Dorong Pemulihan Ekonomi, BRI Bantu Dongkrak Pariwisata Pulau Komodo

- 16 Oktober 2021, 17:34 WIB
BRI dongrak perekenomian dan pariwisata di Desa Komodo, NTT
BRI dongrak perekenomian dan pariwisata di Desa Komodo, NTT /Dok BRI.

PRFMNEWS - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI ikut berperan dalam mendongkrang perekonomian di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BRI langsung tancap gas mendongkrak perekenomian di Desa Komodo NTT dengan cara mendorong sektor pariwisata di Pulau Komodo agar segera bangkit pasca melandainya pandemi Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan BRI yakni dengan membangun beberapa infrastruktur penunjang wisata alam yang dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO tersebut.

Baca Juga: Ada Perubahan Rangking BWF Ganda Putra, Siapa yang Naik Peringkat?

Bantuan pembangunan tersebut berupa dermaga, renovasi balai desa, hingga pembangunan jalur tracking, dan sarana penunjang lain seperti signage, gazebo atau pos istirahat.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa program bantuan yang diberikan BRI merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk menarik minat wisatawan agar dapat berkunjung dan melihat lokasi kerajinan kayu, dimana lokasi ini dikelola langsung oleh masyarakat di Desa Komodo.

Pasalnya, potensi wisata di Pulau Komodo bukan hanya dari kehadiran Komodo saja sebagai satwa endemik di kawasan tersebut.

Namun ada pula budaya masyarakat setempat yang memang perlu diangkat dan diperkenalkan dengan luas, yang juga memiliki daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta OJK Jangan Dulu Beri Izin Pinjol Baru

“Dengan pengembangan infrastruktur dan pariwisata di wilayah yang dikelola oleh masyarakat setempat, maka akan ada dampak langsung kepada perekonomian masyarakat di Desa Komodo,” ujarnya menegaskan.

Berbagai bantuan tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR BRI yang dikenal dengan nama BRI Peduli.

Dalam menjalankan program BRI Peduli, BRI memiliki konsep untuk membantu meningkatkan kondisi lingkungan atau Pro Planet, masyarakat atau Pro People dan ekonomi atau Pro Profit.

Adapun bantuan di Pulau Komodo ini merupakan bentuk bantuan yang Pro People dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata.

Baca Juga: Menkes Ungkap Lokasi Penularan Covid-19 di Kalangan Atlet PON Papua

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x