BRI Jadikan Digitalisasi Sebagai Senjata Utama Hadapi 2 Tantangan ini

- 14 Oktober 2021, 07:21 WIB
Holding Ultra Mikro (UMi) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Pegadaian (Persero) dan PT PNM menjadikan digitalisasi sebagai senjata utama menghadapi Dua tantangan bisnis mikro dan ultra mikro.
Holding Ultra Mikro (UMi) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Pegadaian (Persero) dan PT PNM menjadikan digitalisasi sebagai senjata utama menghadapi Dua tantangan bisnis mikro dan ultra mikro. /Foto: Dok. BRI/

PRFMNEWS - Dalam mengahadapi tantangan dalam pengembangan bisnis mikro dan ultra mikro, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengandalkan digitalisasi sebagai senjata utama.

Dalam pelaksanaan digitalisasi ini BRI turut menalankan bersama ini usaha baru Holding Ultra Mikro (UMi) bersama PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan ada dua tantangan utama dalam menangani bisnis mikro dan UMi, yaitu tingginya operational cost dan operational risk khususnya pada pelayanan nasabah yang dilakukan secara manual.

Namun dia meyakini digitalisasi akan mejadi senjata utama dalam menghadapi dua tantangan besar itu.

Baca Juga: Polisi yang Banting Mahasiswa di Tangerang Minta Maaf: Saya Siap Bertanggungjawab Atas Perbuatan Saya

“Digitalisasi bisa dijadikan senjata utama dalam menghadapi kedua tantangan tersebut. Melalui digitalisasi, tingginya operational cost dan operational risk yang lebih disebabkan karena human error akan lebih terkendali,” kata Sunarso.

Meskipun demikian, digitalisasi juga memiliki tantangan tersendiri dikarenakan banyaknya masyarakat di Indonesia yang masih belum melek digital. Oleh karena itu, transisi menuju masyarakat digital pun membutuhkan effort lebih.

Nantinya, perusahaan yang akan mendorong SDM agar lebih berperan di garis depan, yakni berinteraksi langsung dengan masyarakat sebagai penyuluh digital yang mengajari masyarakat secara digital.

Baca Juga: Kalahkan Taiwan, Indonesia Lolos ke Babak 8 Besar dengan Label Juara Grup A

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x