3 Alasan Pentingnya Vaksin Keempat dengan Sasaran Utama Kelompok Rentan Terpapar Covid-19

- 25 Juli 2022, 08:30 WIB
Ilustrasi vaksinasi covid-19.
Ilustrasi vaksinasi covid-19. /Humas Kota Bandung

PRFMNEWS – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai mempertimbangkan vaksin dosis empat untuk diberikan bagi masyarakat umum khususnya pada mereka kelompok berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

Ada tiga alasan utama mengapa vaksin keempat perlu diberikan bagi masyarakat umum khusus kelompok rentan terpapar Covid-19 ini yang menjadi dasar pertimbangan Kemenkes.

Alasan pertama vaksin dosis empat atau booster kedua penting diberikan pada masyarakat umum lantaran adanya prediksi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Baca Juga: Apakah Tetap Wajib Minum Obat Diabetes Jika Gula Darah Sudah Normal? Begini Kata dr. Cahyo Purnomo

"Beberapa negara sudah mulai dosis empat. Perencanaan itu sudah ada pertimbangannya di Indonesia, karena pandemi jangka panjang," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Pernyataan Syahril tersebut berdasarkan keterangan sejumlah pakar epidemiologi yang memperkirakan status pandemi Covid-19 di dunia akan berlangsung dalam waktu yang cukup panjang.

Alasan kedua, lanjutnya, para pakar ilmu kesehatan menyimpulkan vaksin Covid-19 dosis lengkap primer (1 dan 2) serta booster sebagai penambah daya tahan tubuh dapat menurun dalam waktu enam bulan.

Baca Juga: Jadwal Vaksin Booster 25-27 Juli 2022 di IKEA Kota Baru Parahyangan

"Masa aktif atau respons vaksin antibodi setelah enam bulan menurun," kata Syahril.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah