Tak Hanya Jakarta, Gempa Berpotensi Guncang Sejumlah Kota Lain di Sepanjang Jalur Sesar Baribis Aktif

- 27 Juni 2022, 13:15 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

PRFMNEWS – BMKG membenarkan adanya potensi gempa terjadi di selatan Jakarta dan beberapa wilayah kota lain di sepanjang jalur Sesar Baribis yang terbukti aktif.

Khusus di selatan Jakarta, BMKG menjelaskan bahwa potensi gempa terjadi akibat aktivitas pergeseran Sesar Baribis aktif dengan estimasi laju geser mencapai sekitar 5 milimeter per tahun.

Aktivitas pergeseran Sesar Baribis inilah yang disebut BMKG dapat memicu terjadinya gempa di kawasan selatan Jakarta meski dengan skala magnitudo relatif kecil 2,3 sampai 3,1.

Baca Juga: BMKG Ungkap Fakta Potensi Gempa Jakarta Akibat Kondisi Sesar Baribis yang Aktif

Fakta Sesar Baribis aktif sehingga berpotensi memicu gempa di selatan Jakarta dan sejumlah kota lain di sepanjang jalur sesar ini diungkap Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dari hasil monitoring peralatan sensor seismograf.

Menurut Daryono, dari catatan monitoring dan observasi lapangan tim peneliti BMKG didukung hasil kajian dalam jurnal Scientific Reports (Nature) terkait aktivitas pergeseran Sesar Baribis, potensi gempa ini bisa terjadi di wilayah lain di sekitar Jakarta.

Potensi gempa, ujarnya, bisa terjadi di sepanjang jalur Sesar Baribis lain seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, Karawang, Purwakarta, dan sekitarnya.

Baca Juga: Top Skor Sementara Piala Presiden 2022, Pemain ini Sudah Cetak 5 Gol

Struktur Sesar Baribis, imbuhnya, diperkirakan memiliki panjang sekira 100 km. Jalur sesar ini tidak menerus sebagai satu kesatuan sesar tetapi bersegmen-segmen yang masing-masing segmen memiliki panjang bervariasi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x