Kemenag Siapkan 3 Jenis Fasilitas dan Layanan bagi Jemaah Haji 2022 Selama di Arab Saudi

- 10 Mei 2022, 18:53 WIB
Ilustrasi pemberangkatan jemaah haji.
Ilustrasi pemberangkatan jemaah haji. //Antara Foto/Maghfur

PRFMNEWS - Ada tiga jenis layanan dan fasilitas bagi rombongan jemaah haji 1443 H/2022 M selama berada di Arab Saudi hingga jelang kepulangan ke Indonesia yang disiapkan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag).

Tiga jenis layanan dan fasilitas jemaah haji 2022 selama di Arab Saudi dijelaskan Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Ditjen PHU Kemenag, Subhan Cholid.

Subhan Cholid menyebut, tiga jenis layanan dan fasilitas Jemaah haji 2022 di Arab Saudi yaitu akomodasi, konsumsi, dan transportasi.

Layanan akomodasi, katanya, disiapkan dengan mengacu pada standar kualitas hotel, jarak ke Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, wilayah, harga, serta kemudahan akses transportasi bus shalawat (khusus di Makkah), dan distribusi katering.

Baca Juga: Anak Indigo Frislly Herlind Bongkar Cerita Asli KKN Di Desa Penari, Bertemu Sosok Astral di Lokasi

"Di Makkah, hotel jemaah rencananya dibagi dalam lima wilayah: Mahbas Jin, Syisyah, Raudhah, Jarwal & Misfalah. Penempatan jemaah haji di Makkah dilakukan dengan sistem zonasi berdasarkan asal embarkasi sesuai Keputusan Dirjen PHU Nomor 140 Tahun 2022,” jelas Subhan, dikutip prfmnews.id dari laman Kemenag pada Selasa, 10 Mei 2022.

Ia menambahkan, saat di Madinah, hotel jemaah berlokasi di wilayah Markaziyah atau kawasan terdekat dari Masjid Nabawi. Hotel jemaah dibagi dalam tiga wilayah, yaitu Syimaliyah, Janubiyah, dan Gharbiyah.

“Sejumlah fasilitas hotel juga sudah disiapkan, berupa air mineral (1 liter dalam kemasan botol/hari/jemaah), handuk, selimut, peralatan mandi, mesin cuci, dan fasilitas pergantian sprei dan sarung bantal. Pihak hotel akan menyiapkan air zamzam dalam kemasan galon (dispenser),” lanjutnya.

Subhan pun memastikan, pihak hotel akan menyiapkan petugas angkut koper sampai kamar jemaah, petugas kebersihan, dan petugas keamanan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x