Bolehkah Menggendong Anak Saat Shalat? Simak Penjelasan Berikut Ini

- 23 Maret 2022, 13:30 WIB
Ilustrasi shalat
Ilustrasi shalat /Pexels/Alena Darmel

PRFMNEWS- Apakah diperbolehkan menggendong anak saat sedang shalat? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Sebagai orang tua yang mempunyai anak balita, terkadang ada suatu kondisi di mana sang buah hati tidak bisa ditinggalkan atau merengek untuk selalu digendong.

Sedangkan sang orang tua harus melaksanakan shalat lima waktu, lalu bagaimana dengan kondisi sang anak, apakah boleh untuk digendong saat sedang shalat.

Baca Juga: Ini Posko Pengaduan Korban Robot Trading Fahrenheit

 

Sebagaimana dilansir dari Instagram @bimaislam, dijelaskan dalam hadist riwayat Anas bin Malik bahwa Nabi juga pernah menggendong buah hatinya ketika shalat dan meletakkannya ketika sujud dan menggedongnya kembali ketika berdiri.

“Nabi pernah shalat sambil menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah dan Abu al-‘Ash bin Rabi’ah bin Abd Syams. Jika sujud, Nabi meletakkan Umamah dan jika berdiri, Nabi menggendongnya kembali,” (HR. Anas bin Malik).

Baca Juga: Akhirnya ! Polisi Tangkap Bos Robot Trading Fahrenheit di Jakarta

Tetapi meskipun boleh, ada baiknya Anda memperhatikan anak yang digendong tidak dalam keadaan membawa najis dan tidak boleh melakukan gerakan (selain gerakan shalat) sampai tiga kali berturut-turut. Hal tersebut sebagai syarat yang harus diperhatikan dalam keadaan tersebut.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x