Menkominfo Johnny G. Plate Sebut Hoaks Bisa Ganggu Kesehatan Warga

- 8 April 2020, 08:48 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.* WAHYU PUTRO A/ANTARA

BANDUNG,(PRFM) - Berita bohong atau hoaks dengan isu COVID-19 banyak ditemukan di tengah pandemi corona. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai jika hoaks terkait COVID-19 sangat bisa menggangu daya tahan tubuh masyarakat.

"Itu (hoaks) mengganggu sekali informasi kepada masyarakat, mengganggu sekali daya tahan tubuh masyarakat, mengganggu sekali kondisi kehidupan masyarakat sehari-hari di rumah dan mengakibatkan daya tahan lemah," ucap Johnny saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (8/4/2020).

Baca Juga: Dokter Tim Pastikan Para Pemain dan Ofisial Persib dalam Kondisi Baik

Diakui Johnny, pihaknya selalu patroli siber tanpa henti selama 24 jam setiap harinya. Hasilnya setiap hari selalu ditemukan hoaks yang tersebar di berbagai platform digital seperti twitter, facebook, youtube, dan instagram.

"Kami kominfo secara reguler berkomunikasi dengan platform digital minta untuk segera takedown, blokir hoaks-hoaks dan disinformasi tersebut," urainya.

"Ini tidak hanya mengganggu ruang digital dan ruang publik Indonesia dan kemampuan Indonesia secara keseluruhan pemerintah dan rakyatnya mengatasi COVID-19, tapi juga menganggu dunia karena ini pandemi global." urainya.

Baca Juga: Bupati Bandung Dadang M Naser Minta Warganya yang Ada di Perantauan Tak Mudik Dulu

Johnny mengaku sering berkooridinasi langsung dengan pihak twitter, instagram, facebook dan youtube, terkait pemberantasan hoaks secara menyeluruh baik berkaitan dengan COVID-19 maupun tidak.

Bahkan selain berkomunikasi dengan perwakilan twitter, facebook, instagram, dan youtube perwakilan Indonesia di Jakarta, komunikasi terkait pemberantasan hoaks ini pun dilakukan langsung bersama dengan kantor pusat platform digital tersebut yang berada di Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X