DMI Siapkan Gerakan Kebersihan Masjid untuk Cegah Virus Corona

- 14 Maret 2020, 09:45 WIB
ILUSTRASI masjid
ILUSTRASI masjid //pexels/David McEachan

BANDUNG, (PRFM) - Demi terhindar dari penularan virus corona (Covid-19), Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau seluruh pengurus masjid untuk membersihkan kembali tempat ibadah setelah digunakan. Selain itu, DMI tengah menyiapkan gerakan semprot disinfektan 10.000 masjid dan gerakan kebersihan masjid seluruh Indonesia.

Melalui gerakan ini, DMI akan membagikan disinfektan serta cairan pembersih lantai kepada masjid-masjid. Ketua Umum Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Jabar Ahmad Sidik mengatakan, untuk wilayah Jawa Barat telah dilakukan distribusi secara simbolis beberapa waktu silam. Nantinya, distribusi akan dilakukan langsung oleh DMI pusat kepada DMI Kabupaten/Kota.

"Didistribusikan langsung dari pusat ke daerah-daerah yang membutuhkan. Untuk memudahkan didistribusikan ke daerah masing-masing, dari pusat langsung mendistribusikan ke DMI Kabupaten/Kota.

Baca juga: Dana Habis untuk Penanganan Virus Corona, DPRD Jabar Restui Pemprov Hutang ke Bank untuk Tambah Anggaran

Dijelaskan Ahmad, ada sekitar satu juta cairan pembersih lantai yang akan dibagikan oleh DMI. Nantinya jumlah tersebut akan dibagikan menyesuaikan dengan kebutuhan masjid-masjid yang ada.

"Mengacu pada apa yang Pak Jusuf Kalla sampaikan, ada satu juta yang akan diberikan pada seluruh DMI Indonesia. Terkait Jawa Barat, tergantung kebutuhan teman-teman," tutur Ahmad.

Baca juga: Terkait Putusan Keberlangsungan Kompetisi Olahraga karena Virus Corona, Kemenpora Serahkan ke Penyelenggara Masing-Masing

Selain gerakan kebersihan masjid, DMI juga tengah berencana untuk mengeluarkan surat edaran pembatasan aktivitas di masjid selama bulan Ramadhan. Pembatasan tersebut maksudnya jamaah diimbau tidak melakukan kegiatan terlalu lama di masjid, begitu juga dengan kegiatan khotbah dibatasi dengan waktu maksimal hanya 15 menit.***

 

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x