Dilirik Kominfo, Indonesia Berniat Ciptakan Metaverse Versi Lokal

- 16 Januari 2022, 14:35 WIB
 Ilustrasi teknologi metaverse.
Ilustrasi teknologi metaverse. / freepik/

PRFMNEWS - Indonesia dinilai memiliki peluang akan perkembangannya nilai-nilai luhur dan kearifan lokalnnya di dunia metaverse.

Salah satu peluang pada waktu dekat ini adalah akan adanya penampilan peran diajang G20 Indonesia 2022.

Maka dari itu Kominfo mendorong para pihak-pihaknya untuk berkolaborasi menciptakan metaverse versi Indonesia untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di era digital.

Baca Juga: Erick Thohir Yakin BRI Bisa Jawab Tantangan Perkembangan Teknologi di Era Metaverse

“Metaverse Indonesia telah mulai terbentuk, dari sektor ekosistem usernya yang paling adaptif untuk melakukan inovasi digital. Hal ini akan terus berevolusi dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” ujar Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam keterangan resminya, Jumat 14 Januari 2022.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga pernah membicarakan tentang metaverse pada salah satu pidatonya di bulan Desember 2021 lalu.

“Metaverse akan mengubah, tidak tahu apakah pandemic ini akan mempercepatnya, tapi lima atau sepeluh tahun pasti akan datang. Karena itu, kita semua harus siap dan bersama-sama untuk peradaban dunia,” ujar Joko Widodo pada pidato di Muktamar pengurus besar nahdlatul ulama ‘PBNU’.

Baca Juga: Facebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Siap Wujudkan Dunia Virtual Masa Depan berjuluk Metaverse

“Indonesia sekarang memimpin G20 dan ingin mempengaruhi kebijakan dunia yang berpihak negara miskin dan berkembang, kepada negara kecil dan kepulauan dalam segala hal, utamanya dalam digitalisasi, perubahan iklim dan ekonomi hijau,” lanjut Joko Widodo.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x