Facebook Resmi Ganti Nama Menjadi Meta, Siap Wujudkan Dunia Virtual Masa Depan berjuluk Metaverse

- 29 Oktober 2021, 09:12 WIB
Mark Zuckerberg dengan logo Meta.
Mark Zuckerberg dengan logo Meta. /Facebook/Mark Zuckerberg/

PRFMNEWS – Perusahaan milik Mark Zuckerberg 'Facebook Inc' resmi ganti nama menjadi 'Meta' sejak Kamis, 28 Oktober 2021.

Perubahan nama ini sebagai langkah perusahaan untuk rebranding yang berfokus pada membangun 'metaverse' yang merupakan lingkungan virtual bersama yang disebut akan menjadi penerus internet seluler masa depan.

Perubahan ini diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg di ajang Connect 2021 sekaligus memperlihatkan logo baru Meta.

Baca Juga: Indonesia Tanpa Tunggal Putri di Babak Perempat Final French Open 2021

Metaverse adalah istilah yang diciptakan dalam novel dystopian 'Snow Crash' tiga dekade lalu dan sekarang menarik perhatian di Silicon Valley (pusat industri teknologi di Amerika Serikat).

Ini merujuk tentang dunia virtual (online) bersama di mana orang (avatar) bisa bermain game, bekerja, dan berkomunikasi dalam satu lingkungan virtual dengan menggunakan perangkat mereka masing-masing, atau sebelumnya dikenal dengan virtual reality.

"Sudah saatnya kami mengadopsi merek perusahaan baru Meta untuk mencakup semua yang kami lakukan. Mulai sekarang, kami akan menjadikan metaverse pertama, bukan lagi Facebook," kata Zuckerberg dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Ganda Putra Indonesia Maju Mulus ke Perempat Final French Open 2021

Perubahan nama itu terjadi ketika Facebook melawan kritik dari pembuat undang-undang dan regulator atas kekuatan pasarnya, keputusan algoritmik, dan pemolisian pelanggaran pada layanannya. Facebook dituding membiarkan misinformasi dan konten berbahaya menyebar demi mengedepankan keuntungan perusahaan.

Mark Zuckerberg menyebut, nama baru itu mencerminkan ke depan perusahaannya akan berinvestasi di metaverse, bukan lagi sekadar layanan media sosial.

"Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan," kata pria 37 tahun itu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x