Berhasil, Operasi Pasar Pengaruhi Harga Minyak Goreng yang Mulai Merangkak Turun

- 5 Januari 2022, 06:50 WIB
ilustrasi minyak goreng/ Pikiran Rakyat
ilustrasi minyak goreng/ Pikiran Rakyat /

PRFMNEWS – Dinas Perdagangan Sumatera Selatan (Sumsel) mengklaim, berhasil membuat harga minyak goreng turun secara bertahap di sejumlah pasar tradisional di Palembang lewat pelaksanaan operasi pasar.

Untuk itu, Dinas Perdagangan Sumsel akan menggelar operasi pasar tahap dua sesuai dengan instruksi dari arahan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, agar harga minyak goreng di sejumlah pasar tradisional lain ikut turun bertahap.

Mengutip dari laman ANTARA, pada Selasa 4 Januari 2022, sejumlah pedagang di pasar tradisional Palembang, Sumsel mengaku harga minyak goreng sudah mulai merangkak turun.

Baca Juga: Terungkap! Ini Penyebab Harga Minyak Goreng di Pasaran Masih Mahal Meski Tahun Baru Sudah Lewat

Seperti pedagang di Pasar Perumnas Palembang, Aliun yang menyebut harga minyak goreng saat ini turun menjadi Rp19 ribu per liter dari Rp21 ribu saat tiga hari lalu.

“Ini tergolong masih tinggi jika dibandingkan sebelum melonjak yang hanya Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per liter. Tapi sudah lumayan dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Lalu, Juwita, pedagang di Pasar Lemabang Palembang yang juga mengutarakan hal serupa.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Masih Mahal di Pasaran, Jokowi Beri Perintah Begini ke Mendag

Penurunan harga minyak goreng juga terjadi pada produk curah, yakni dari Rp19 ribu menjadi Rp16 ribu per liter.

Selain minyak goreng, harga telur ayam juga terpantau bergerak turun dari Rp29 ribu per kilogram pada satu pekan menjelang akhir tahun, menjadi Rp21 ribu per kilogram pada 4 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x