Lebih Berdaya Bersama BRI, Kisah Rudi Harsam yang Mengabdi Membangun Kampung Sayur Cempako

- 13 November 2021, 20:49 WIB
Kampung Sayur Cempako, Gang Berdikari, Kelurahan 26 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatra Selatan.
Kampung Sayur Cempako, Gang Berdikari, Kelurahan 26 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatra Selatan. /dok BRI

PRFMNEWS - Masyarakat Indonesia setiap tahunnya selalu memperingati Hari Pahlawan pada 10 November. Peringatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Di era saat ini, masih ada sosok-sosok yang merefleksikan pengabdian para pahlawan Indonesia, salah satunya adalah Rudi Harsam, pria asal Palembang yang berjasa dalam pemberdayaan masyarakat di kampungnya.

Rudi Harsam adalah seorang pensiunan TNI, sejak purnabakti pada Juli 2021 lalu, ia membaktikan diri membangun Kampung Sayur Cempako di sekitar tempat tinggalnya di daerah Gang Berdikari, Kelurahan 26 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatra Selatan.

Baca Juga: Lirik Lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki, Mengenang Jasa para Pahlawan

Berawal dari kepedulian Rudi akan kebersihan lingkungan, pada awal 2020 dia memanfaatkan sebuah lahan kosong tempat pembuangan sampah untuk bercocok tanam dengan metode hidroponik. Lahan kosong tersebut akhirnya dibeli Rudi dan dimanfaatkan warga sekitar untuk melakukan urban farming.

Upaya Rudi tersebut diapresiasi warga sekitar yang ikut menanam sayur dengan metode serupa. Semangat Rudi itu pun menyebar, warga di Gang Berdikari kini mengikuti langkahnya.

“Saya berpikir tempat yang dahulu kumuh saya buat tempat hidroponik, menanam tanaman sayuran. Akhirnya warga sadar, lingkungan bagus jika dibuat seperti ini,” kata Rudi.

Baca Juga: Memperingati Hari Pahlawan Tahun Ini dengan Tema Pahlawanku Inspirasiku

Atas jasanya, Rudi mendapat penghargaan kampung kreatif dari dinas pariwisata dan salah satu media swasta. Penghargaan tersebut didukung juga karena Ibu-ibu di sana menyandang gelar PKK terbaik ketiga di Sumsel selama dua tahun menyandang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x