Awal Mula Bank Syariah Sebelum Mendunia

- 7 November 2021, 12:25 WIB
Ilustrasi Bank Syariah.
Ilustrasi Bank Syariah. /


PRFMNEWS - Sejak awal kelahirannya, bank Syariah dilandasi dengan kehadiran dua gerakan Renaissance Islam Modern yaitu Neorevivalis dan Moderis.

Tujuan utama pendirian perbankan Syariah sebagai upaya kaum muslimin untuk mendasari segenap aspek ekonomi berdasarkan Al quran dan sunnah.

Rintisan perbankan syariah mulai terwujud di Mesir pada tahun 1960 dan beroperasi sebagai Lembaga keuangan disepanjang daratan sungai Nil.

Baca Juga: Hasil Semifinal Hylo Open 2021, 3 Wakil Indonesia Melesat ke Final

Lembaga dengan nama Mit Ghamt Bank tersebut hanya beroperasi di desa Mesir dan berskala kecil, tapi institute tersebut mampu menjadi pemicu yang sangat berarti bagi perkembangan sistem finansial dan ekonomi Islam.

Pada tahun 1970, di sidang menteri luar negeri Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Karachi, Pakistan, Mesir mengajukan sebuah proposal untuk mendirikan bank Syariah.

Proposal tersebut mengusulkan bahwa sistem keuangan berdasarkan bunga harus digantikan dengan suatu sistem kerja sama dengan rangka bagi hasil keuntungan atau kerugian, isi proposal tersebut antara lain:

Baca Juga: Ciptakan All Indonesia Final Ganda Putra di Hylo Open 2021, Leo/Daniel Tantang The Minions

1. Mengatur transaksi komersial antarnegara islam.

2. Mengatur institusi pembangunan dan investasi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x