Mahfud MD Ceritakan Pernah Disebut Tukang Sate dan Penjual Besi Tua karena dari Madura

- 29 Agustus 2021, 13:30 WIB
Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD
Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD /Tangkapan Layar Sekretariat Presiden


PRFMNEWS - Stereotip bagi setiap orang dari masing-masing daerahnya kerap terjadi di Indonesia. Tak jarang seseorang mendapat ejekan atau becandaan karena tempat ia berasal.

Hal ini juga pernah menimpa Menkopolhukam Mahfud MD, tepatnya saat ia dahulu masih menjabat Menteri Pertahanan era Presiden Abdurahhman Wahid.

Ia bercerita bahwa dahulu orang Madura itu terkesean terbelakang. Mahfud bahkan pernah disebut tukang sate dan penjual besi tua.

Baca Juga: Mahfud MD Akui Rencana Vaksin Berbayar Tidak Ada Sejak Awal, Lalu Muncul dari Mana?

"Waktu saya jadi Menhan, ada gurauan begini "Pak Mahfud itu dari mana? Lalu ada yang berteriak di belakang, sate! Mengesankan kalau orang Madura itu tukang sate. Ada juga yang bilang begini "kalau mau tanya Pak Mahfud orang mana, lempar saja kaleng bekas di belakangnya, kalau bunyi klontang pasti dia menoleh". Mengesankan orang Madura penjual besi tua," kata Mahfud dalam silaturahim virtual dengan "taretan" Madura sedunia, pada Sabtu 28 Agustus 2021.

Namun itu dahulu ketika orang Madura masih dianggap terbelakang, tapi sekarang sudah hebat-hebat.

"Dulu dikesankan kalau orang Madura itu terbelakang tetapi sekarang ini coba dilihat banyak orang hebat-hebat. Ini berkah dari Indonesia Merdeka," ujarnya dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Soal Pasal Penghinaan Presiden, Mahfud: Presiden Bilang Terserah

Lebih lanjut, Mahfud juga bercerita soal ilmu. Ia mengatakan bahwa sekolah adalah pintu ilmu.

Ia mengatakan meskipun mengalami berbagai kesulitan, namun ayahnya bertekad agar anak-anaknya harus mengenyam pendidikan yang layak.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x