Ada Wacana PPKM Darurat Diperpanjang 6 Minggu, Pengamat Khawatir Terjadi PHK Massal

- 13 Juli 2021, 14:37 WIB
Ilustrasi Karyawan pabrik garmen yang bisa terancam PHK massal sebagai dampak pandemi
Ilustrasi Karyawan pabrik garmen yang bisa terancam PHK massal sebagai dampak pandemi // ANTARA/

PRFMNEWS - Pemerintah mewacanakan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sampai 6 minggu.

Sebelumnya PPKM Darurat akan berakhir pada 20 Juli 2021. Skenario perpanjangan PPKM Darurat 6 Minggu kedepan disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin 12 Juli 2021.

Pakar Ekonomi dari Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi mengaku khawatir jika pemerintah memperpanjang kembali PPKM Darurat akan berdampak pada situasi ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Skenario PPKM Darurat 6 Minggu, Ini Langkah yang Disiapkan Pemerintah

"Saya tidak bisa membayangkan diperpanjang. Dalam 2 minggu ini saja pergerakan ekonomi dari data terbaru, permintaan masyarakat turun drastis. Dampak ekonominya ke masyarakat dan sektor usaha cukup besar. Disamping itu 2 hari lalu ada rapat dengan asosiasi mulai masuk rencana ada PHK ini sangat mengkhawatirkan," kata Acu saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 13 Juli 2021.

Baca Juga: Strategi Aprindo Jabar Jika PPKM Darurat Diperpanjang Sampai 6 Minggu : 30 Persen Pekerja Dikurangi

Acuviarta sendiri berharap pemerintah membatalkan perpanjangan PPKM Darurat sampai 6 minggu ke depan. Sebab selama diberlakukan PPKM Darurat sejak 3 Juli 2021 lalu sudah ada akselerasi penanganan kesehatan, salah satunya menggencarkan vaksinasi.

Baca Juga: Ekonomi Warga Bandung Banyak yang Terdampak PPKM Darurat, Oded Akan Lakukan Hal Ini

"Tentu kita berharap tidak diperpanjang. Asumsi kita vaksinasi berjalan lancar dan masyarakat betul-betul mengurangi mobilitas," tuturnya.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x