DPR Tunggu Kebijakan Arab Saudi Soal Ibadah Haji Tahun 2021

- 21 Mei 2021, 19:25 WIB
Ilustrasi Ibadah Haji.
Ilustrasi Ibadah Haji. /Pixabay/Konevi/

PRFMNEWS - Pemerintah kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan akan segera menyelenggarakan ibadah haji tahun 2021 yang sempat tertunda pada tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Nantinya pelaksanaan ibadah haji akan akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu kepastian dari pihak kerajaan mengenai kepastian keberangkatan jemaah haji.

Anggota Komisi VIII DPR RI M. Husni mengatakan, saat ini belum ada kepastian mengenai keberangkatan haji bagi jemaah asal Indonesia. Ia menyampaikan apabila pihak kerajaan Arab Saudi telah mengizinkan ibadah haji, kuota yang diberikan akan terbatas serta diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan ketat.

Baca Juga: Bioskop di Sumedang Boleh Buka, Dalam Studio Hanya Boleh Diisi 30 Persen Penonton

"Saat ini masih kita bahas bersama Kementerian Agama mengenai kepastian ibadah haji tahun ini, tetapi apabila diizinkan oleh Pemerintah Arab Saudi, kuotanya juga akan terbatas. Mungkin hanya 30 persen, tentunya juga akan diwajibkan menggunakan alat pelindung diri dan protokol kesehatan yang ketat," kata Husni kepada Parlementaria di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 21 Mei 2021.

Politisi Fraksi Partai Gerindra ini menyampaikan, rencana kuota 30 persen yang diberikan kerajaan Arab Saudi kepada calon haji asal Indonesia akan diprioritaskan kepada jemaah yang gagal berangkat pada tahun sebelumnya akibat pandemi.

"Rencananya hanya 30 persen jemaah haji saja yang berangkat tidak full, namun harus diingat juga kuota ini akan diberikan kepada jemaah yang gagal berangkat pada tahun sebelumnya akibat pandemi," ujar legislator dapil Sumatra Utara I ini.

Baca Juga: Saling Berebut Titel Juara Hingga Tiket Liga Champions, Laga Terakhir Jadi Penentu Liga Top Eropa

Ia berharap agar otoritas Arab Saudi memberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2021 ini kepada jemaah asal Indonesia. Sebab, pemerintah bersama DPR RI akan terus mengupayakan agar haji tahun ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x