Masih Zona Kuning, Pemkot Bandung Tak Buru-buru Gelar Kembali CFD dan CFN

- 23 Juni 2020, 11:31 WIB
Suasana car free day (CFD) Buah Batu pada Minggu, 12 Januari 2020.*
Suasana car free day (CFD) Buah Batu pada Minggu, 12 Januari 2020.* /JULKIFLI SINUHAJI/PR

PRFMNEWS - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) sudah mulai diberlakukan kembali di Jakarta. Namun demikian, pemerintah kota (Pemkot) Bandung belum berencana menggelar kembali CFD serta car free night (CFN) di Kota Bandung.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, saat ini Pemkot Bandung masih fokus pada pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional di Kota Bandung. Nantinya, kelanjutan CFD dan CFN akan melihat perkembangan penyebaran covid-19 di kota Bandung.

"Untuk sementara ini mohon bersabar dan kita selalu berdoa agar virus corona ini cepat hilang dari kota Bandung. Jadi belum ada (CFD dan CFN), karena lihat situasi dan kondisi kota Bandung ini masih zona kuning," kata Asep saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa (23/6/2020).

Baca Juga: Meski Dicetak Pada HVS A4 80 Gram, Disdukcapil Pastikan Akta Catatan Sipil Tak Bisa Dipalsukan

Asep menegaskan, pihaknya bukan menghalang-halangi pelaksanaan CFD dan CFN di kota Bandung. Hanya saja, dalam kondisi saat ini pihaknya hanya berupaya mencegah penyebaran covid-19 dengan meniadakan sementara CFD dan CFN.

"Kita bukan menghalangi untuk CFN dan CFD. Tapi kita ingin antisipasi hal-hal yang akan mengakibatkan kota Bandung ini ke zona merah," tegasnya.

Baca Juga: TVRI Tayangkan Dokumenter dari Netflix, PH Dalam Negeri Dituntut Bikin Produk yang Lebih Baik

Dalam pelaksanaan CFD dan CFN, selain Dishub, jajaran Sat Lantas Polrestabes Bandung pun turut memberi andil pengamanan. Dari hasil koordinasi antara Dishub dan Sat Lantas, belum ada kesepakatan untuk kembali menggelar CFD dan CFN karena masih rawannya penularan covid-19 di Kota Bandung.

Jika pun nanti Kota Bandung masuk zona hijau atau zona biru, tak serta merta CFD dan CFN bisa digelar begitu saja. Menurut Asep, perlu ada kajian terlebih dahulu bagaimana penyelenggaraan CFD dan CFN agar di dalamnya diterapkan protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x