Pemkot Bandung Ingin Geser Euforia Bersepeda Saat Pendemi Menjadi Sebuah Budaya

- 11 Juni 2020, 20:52 WIB
PENGENDARA sepeda melintas di depan toko pakaian yang tutup saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (29/5/2020).  Jika relaksasi ekonomi diterapkan, maka pembatasan aktivitas masyarakat tidak lagi terlalu ketat, namun jika PSBB kembali diperpanjang maka pusat perbelanjaan tidak diizinkan beroprasi.
PENGENDARA sepeda melintas di depan toko pakaian yang tutup saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (29/5/2020). Jika relaksasi ekonomi diterapkan, maka pembatasan aktivitas masyarakat tidak lagi terlalu ketat, namun jika PSBB kembali diperpanjang maka pusat perbelanjaan tidak diizinkan beroprasi. /ARMIN ABDUL JABBAR/"PR"/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG,(PRFM) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal menambah rute jalur khusus sepeda di Kota Bandung. Hal itu dilakukan sebagai respon dari meningkatnya animo masyarakat untuk bersepeda di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, dirinya bersama Kadishub Kota Bandung telah bertemu Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana membahas mengenai rencana tersebut.

Baca Juga: Penyerangnya Dituntut 1 Tahun Penjara, Novel Baswedan: Hukum Jauh dari Keadilan

Inti dari pertemuan tersebut adalah, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ingin membangun gerakan bersepeda.

"Kita ingin membangun gerakan sepeda. Karena melihat euforia (bersepeda) saat pendemi ini, ada kekhawatiran terhadap keselamatan dan kesehatan, maka kami diminta untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana bersepeda dengan protokol keselamatan dan kesehatan," kata Didi saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga: KPU Sebut Sejumlah Kebutuhan Penyelenggara Pilkada Serentak Sesuai Protokol Kesehatan

Wakil Walikota kata dia, berharap euforia bersepeda ini jangan hanya sesaat.

Harapannya, euforia ini dapat menjadi budaya di Kota Bandung. Sehingga nantinya warga menjadi lebih senang bersepeda dalam beraktivitas, dibandingkan menggunakan moda transportasi lain.

"Di kita (bersepeda) itu karena faktor emosional, maksudnya bersepeda untuk selfie, foto-foto instagramable, boleh awalnya seperti itu, tapi pak wakil (Wakil Walikota Bandung) ingin menggeser hal itu menjadi sebuah kebutuhan," kata Didi.

Baca Juga: Ini Catatan Akademisi Unpad Terkait Penanganan Covid-19 di Kota Bandung

Dalam penambahan rute jalur khusus sepeda itu, Pemkot Bandung memberikan kesempatan kepada pesepeda untuk mengajukan jalur yang bakal dibuat.

Tak hanya itu, Pemkot juga akan mereaktivasi jalur yang sudah ada.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x