Jelang PSBB, Pengunjung Ritel Modern di Kota Bandung Meningkat

- 21 April 2020, 15:16 WIB
ILUSTRASI ritel modern, supermarket, toko buah-buahan.*.*
ILUSTRASI ritel modern, supermarket, toko buah-buahan.*.* /PIXABAY

BANDUNG,(PRFM) - Kota Bandung akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Rabu, 22 April besok.

Menjelang penerapan PSBB, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat menyampaikan sudah terjadi peningkatan pengunjung di ritel modern di Kota Bandung. 

Ketua Umum Aprindo Jawa Barat Yudi Hartanto mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung sudah terjadi sejak Sabtu, 18 April kemarin. Kunjungan meningkat 10% dibanding hari-hari biasanya.

"Sejak Sabtu kemarin mulai terjadi peningkatan pengunjung di ritel modern, mungkin mereka sudah mendengar akan ada PSBB, jadi banyak yang membeli kebutuhan makanan," kata Yudi saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa (21/4/2020).

Baca Juga: Inspiratif, Siswa SD di Kota Bogor Berikan Sumbangan Untuk Pembelian APD

Di tengah pandemi Covid-19 ia melanjutkan, semua ritel modern menerapkan aturan physical distancing. Baik itu karyawan maupun pengunjung harus menjaga jarak dan mengenakan masker.

Tak hanya itu, semua ritel juga wajib menyedikan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan cek suhu badan.

"Jarak antrean juga harus diatur," lanjut Yudi.

Prosedur yang diterapkan saat terjadi kepadatan antrean di area toko, kata Yudi adalah dengan menunggu konsumen yang sudah masuk untuk menyelesaikan belanjanya. Kemudian konsumen lain baru diperbolehkan untuk masuk.

Baca Juga: Anggota DPR Minta Wartawan Masuk Dalam Jaring Pengaman Sosial

Lebih lanjut ia memperkirakan peningkatan jumlah pengunjung di ritel modern terjadi sampai 24 April 2020 atau hari pertama Ramadan. Jika nantinya terjadi kepadatan antrean pengunjung, ritel modern akan melakukan pembatasan.

"Mitigasi yang dilakukan Aprindo, akan membatasi jumlah pengunjung jika terjadi kepadatan antrean di dalam toko," tandasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x