Berangsur Membaik, Pasien COVID-19 Tidak Pernah ke Babakan Ciparay

- 16 Maret 2020, 16:26 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita. /Dok Humas Pemkot Bandung.


BANDUNG, (PRFM) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita memastikan, pasien positif Virus Corona (COVID-19) tidak pernah ke wilayah Babakan Ciparay, Kota Bandung. 

Pasalnya setelah sempat dirawat di Jakarta, pasien tersebut langsung masuk ke salah satu rumah sakit rujukan di Kota Bandung tanpa singgah ke kediamannya.

Sepeti diketahui, Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat melalui situs pikobar.jabarprov.go.id merilis pasien positif Virus Corona.

Melalui peta yang diterbitkan ditandai titiik merah sebagai pasien COVID-19 di Babakan Ciparay.

Rita menyatakan, pencantuman dalam pemetaan tersebut hanya berdasarkan domilisi data kependudukan yang dimiliki oleh pasien. Sementara pasien tersebut aktivitasnya di Jakarta.

Baca Juga: Bukan Hanya Alun-alun Bandung, ini Beberapa Lokasi yang Ditutup Sementara Oleh Pemkot Bandung

“Pasien itu dari Jakarta langsung dibawa ke rumah sakit rujukan. Kemudian langsung mendapatkan penanganan. Jadi tidak pernah ke Babakan Ciparay dulu,” ucap Rita di Balai Kota Bandung, Senin (16/3/2020).

Rita menambahkan, sekarang ini bahkan pasien tersebut kondisinya menunjukan perkembangan yang bagus. Setiap harinya kesehatan pasien terjangkit Virus Corona tersebut perlahan berangsur membaik.

“Pasien itu sudah masuk rumah sakit rujukan sejak 4 Maret, berdasarkan informasi dari rumah sakit rujukan pasien disimpulkan positif COVID-19 pada 14 Maret. Saat ini pasien malah sudah dalam kondisi baik,” terangnya.

Untuk itu, sambung Rita, tidak ada alasan bagi Dinkes Kota Bandung untuk mengisolasi wilayah Babakan Ciparay. Sebab, pasien tidak pernah datang ke rumahnya. Begitu pun dengan anggota keluarganya yang dibatasi interaksinya bersama pasien.

“Sampai saat ini kami tidak mengisolasi kawasan tersebut karena berdasarkan kronologis pasien tersebut dari Jakarta langsung masuk rumah sakit rujukan. Jadi buat masyarakat Bababakan Ciparay tidak perlu khawatir. Karena pasiennya juga tidak sempat ke sana,” bebernya.

Baca Juga: Meski Ramai Corona, Camat Panyileukan Pastikan Pelayanan di Kecamatan Panyileukan Tetap Normal dan Optimal

Oleh karenanya, Rita mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung khususnya di Babakan Ciparay tidak perlu panik dengan informasi tersebut. Namun, tetap waspada dan melindungi dirinya dengan perilaku hidup sehat dan bersih serta mengikuti anjuran dari Surat Edaran Wali Kota Bandung.

Selain itu, Rita juga mengingatkan kepada masyarakat Kota Bandung perlu memahami pembatasan aktivitas. Warga hanya perlu mengurangi kegiatan di luar rumah khususnya di tempat-tempat keramaian.

“Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas di luar rumah apabila tidak terlalu penting, serta tidak dimanfaatkan untuk berekreasi. Tujuannya ini untuk meminimalisir kontak dan faktor risiko kasus tertular,” katanya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x