Ini Tips Agar Tak ‘Menangis’ Saat Mengiris Bawang

- 6 November 2020, 17:30 WIB
Bawang merah.
Bawang merah. /Pixabay

PRFMNEWS - Bawang merupakan bahan dapur yang sering digunakan untuk masakan. Sebelum diolah bersama bahan lainnya bawang harus dipotong atau diiris terlebih dahulu.

Dalam melakukan proses memotong bawang seringkali menyebabkan mata menjadi berkaca - kaca. Penyebabnya bawang menghasilkan enzim yang dapat mengiritasi yang bernama syn-propanethial-S-oxide yang dapat membuat kelenjar mata menjadi mengeluarkan air mata.

Dilansir dari prfmnews.id dari News ABP live, berikut ini tips yang dapat dilakukan ketika memotong bawang dalam mengatasi mata menangis.

Baca Juga: Dirjen Minyak dan Gas Bumi yang Baru Diminta Tekan Impor BBM dan LPG

Mendinginkan

Yang perlu dilakukan untuk mendinginkan bawang adalah mengupas kulit dan ujung bawang terlebih dahulu. Setelah itu taruh pada mangkuk yang sudah berisi air dan tutup.

Simpan pada kulkas selama 20 - 30 menit ataupun dapat menyimpannya di freezer selama semalaman. Keluarkan keesokan paginya, tunggu hingga selama 15 - 20 menit dan bawang siap dipotong.

Memberikan Angin

Angin dapat bermanfaat agar enzim pada bawang yang dapat membuat mata perih menjadi hilang. Sehingga, ketika memotong bawang sebaiknya dekat dengan ventilasi udara dapur seperti jendela atau pintu.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x