Dirjen Minyak dan Gas Bumi yang Baru Diminta Tekan Impor BBM dan LPG

- 6 November 2020, 14:10 WIB
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU.
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU. /Dok. Pertamina

PRFMNEWS – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji untuk dapat menekan impor Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Natural Gas (LPG) demi meringankan beban devisa negara ke depan.

Menurutnya cara yang bisa dilakukan bisa dengan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur kilang dan jaringan gas, serta pemanfaatan energi terbarukan secara masif.

"Ini bisa dilakukan dengan percepatan pembangunan infrastruktur kilang dan jaringan gas, serta pemanfaatan Energi Baru Terbarukan secara masif, seperti biodiesel dan Dymetil Eter (DME)," kata Arifin sesaat setelah melantik Tutuka Ariadji di Gedung Chairul Saleh Kementerian ESDM Jakarta, Jumat 6 November 2020.

Baca Juga: Nikmati Makan Kenyang dan Hemat Dengan ShopeePay Deals Rp1

Selain itu, Arifin mengharapkan Dirjen Migas baru mampu mewujudkan beberapa program strategis migas. Salah satunya, program jangka panjang yang menjadi perhatian utama Arifin adalah pemenuhan target produksi siap jual (lifting) minyak sebesar satu juta barel per hari pada tahun 2030.

Target ini bisa dicapai melalui mempertahankan tingkat produksi eksisting yang tinggi, transformasi sumber daya ke produksi, menggunakan Enhanced Oil Recovery (EOR) dan melakukan eksplorasi secara masif.

"Rata-rata realisasi lifting migas sampai dengan September 2020 sebesar 1.712 MBOPED atau 100% dari target APBN-P," jelas Arifin.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Vaksin Aman dan Terbukti Lolos Uji Klinis

Kebijakan lain yang tak kalah penting adalah implementasi penyesuaian harga gas bumi sebagai upaya peningkatan pemanfaatan gas dalam negeri.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x