Apa itu Mycoplasma Pneumonia yang Mewabah di China? Ini 5 Cara Cegah Penularannya Menurut Kemenkes

- 30 November 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi Pneumonia
Ilustrasi Pneumonia /freepik/

PRFMNEWS – Mycoplasma adalah bakteri umum yang mengakibatkan penyakit infeksi pernapasan sebelum Covid-19, antara lain influenza dan penyakit paru dengan kejadian 8,6 persen. Namun, berdasarkan informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terjadi peningkatan kasus Mycoplasma Pneumonia sejak bulan Mei 2023 di China.

"Di China, Mycoplasma memang menjadi kasus terbanyak pada kasus Pneumonia (radang paru-paru). Mycoplasma itu bakteri, bukan virus, dan merupakan penyakit penyebab umum infeksi pernafasan sebelum masa Covid-19," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi, Rabu 29 November 2023.

Terbaru, ujar Imran, WHO mendeteksi adanya sinyal Pneumonia belum terdiagnosis sehingga disebut Pneumonia misterius, utamanya menyerang anak-anak di China pada November 2023. Data dari jurnal Promed yang terbit 22 November 2023 tercatat sebanyak 3 dari 4 pasien Pneumonia didiagnosis terinfeksi Mycoplasma, selain ada penyebab lainnya seperti SARS-COV dan influenza.

Baca Juga: BPOM Rilis Daftar 5 Produk Skincare Berbahaya Paling Banyak Dijual Online, Nomor 1 Lagi Viral di Medsos

Lalu, bagaimana cara mencegah tertular Mycoplasma Pneumonia atau disebut penyakit Pneumonia misterius yang belakangan kasusnya merebak di China?

Sebelum memaparkan upaya pencegahan penularan Pneumonia misterius, Imran menjelaskan sifat dari bakteri Mycoplasma dan kasus Pneumonia yang terjadi. Dia mengungkapkan patogen ini memiliki periode inkubasi dan penyebaran yang cukup lama, sehingga kerap disebut Pneumonia berjalan atau walking Pneumonia dengan tingkat fatalitas lebih rendah dibandingkan Covid-19.

"Jadi agak berbeda dengan Covid-19, kalau Covid-19 waktu inkubasinya pendek, Mycoplasma ini cukup lama. Di China, paling banyak muncul pada anak-anak dan utamanya muncul pada saat perubahan ke musim panas," terangnya.

Baca Juga: Jadwal Resmi 5 Kali Debat Capres-Cawapres 2024, KPU: Tidak Akan Seperti Kuis Cerdas Cermat

Ada peningkatan kasus di China

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x