Dendeng Kukuruyuk, Satu dari Sekian UMKM yang Sukses Lewat Manifestasi Hyperlocal

- 25 November 2023, 08:19 WIB
Pemilik Usaha Dendeng Kukuruyuk, David Perdana Haryadi
Pemilik Usaha Dendeng Kukuruyuk, David Perdana Haryadi /

PRFMNEWS - Salah satu UMKM kuliner asal Bandung, Dendeng Kukuruyuk mengungkap 60 persen penjualannya bersumber dari transaksi online.

Pemilik Usaha Dendeng Kukuruyuk, David Perdana Haryadi menuturkan, usahanya ini konsisten memajukan bisnis online dengan memberdayakan peternak ayam lewat Tokopedia.

“Kondisi tersebut mendorong kami untuk beradaptasi dengan memanfaatkan platform Tokopedia. Berkat Tokopedia, 60 persen penjualan kami berasal dari Tokopedia. Kami pun menjadi rutin mengikuti kampanye Tokopedia NYAM!, sehingga masyarakat lebih luas dari Aceh hingga Papua bisa menikmati resep rumahan Dendeng Kukuruyuk,” kata David di Bandung.

Berdiri sejak tahun 2012, Dendeng Kukuruyuk berawal dari resep turun temurun keluarga yang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Bertemu CEO Youtube, Bahas Kerjasama Pengembangan UMKM Indonesia

“Produk Dendeng Kukuruyuk terinspirasi dari dendeng Singapura yang kebanyakan non-halal, namun dendeng kami dibuat khusus dengan olahan daging ayam yang halal agar lebih sesuai dengan tradisi, selera dan kebutuhan banyak masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Awalnya, David bersama Novi menekuni bisnis Dendeng Kukuruyuk dengan mengikuti bazaar offline di berbagai tempat. Namun kondisi pandemi lalu, terlebih saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Bandung, mendorong Dendeng Kukuruyuk membekukan penjualan. Alhasil, omzet Dendeng Kukuruyuk sempat turun drastis.

Dendeng Kukuruyuk juga menjadi salah satu UMKM yang pernah berpartisipasi dalam manifestasi Hyperlocal, yaitu Tokopedia NYAM!. Fitur ini mengusung teknologi geo-tagging agar UMKM di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Bandung, punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

“Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi, salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk, misalnya makanan kering, di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” ujar Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x