Perhatikan Ini Sebelum Mendesain Eksterior Rumah

- 10 September 2020, 08:29 WIB
Ilustrasi: aset rumah/
Ilustrasi: aset rumah/ /PIXABAY/Pexels



PRFMNEWS - Siapa yang tak ingin memiliki rumah dengan tampilan luar yang mempesona dan menawan? Maka dari itu, desain eksterior menjadi modal utama.

Desain eksterior yang ciamik dan 'eye catching' dapat membuat mata siapapun terpesona dan menumbuhkan rasa penasaran akan isi rumah tersebut. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat desain eksterior.

Dikutip dari YR Architecthure, ada lima hal penting yang harus diperhatikan saat akan membuat desain eksterior untuk rumah Anda.

Baca Juga: Lagu ‘Dynamite’ BTS Raih Posisi No.1 di Billboard Hot100 Selama Dua Minggu Berturut-turut

1. Ketahui Tujuan Proyek
Mengetahui tujuan dari proyek merupakan hal utama dan sangat penting. Karena dengan mengetahui tujuan, anda dapat menghasilkan proyek yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Ibarat guiding block, tujuan ini akan memandu dan menuntun anda dalam merancang beragam hal yang diperlukan saat akan membuat desain eksterior rumah. Misalnya budget, material, style dan performance.

2. Kenali Situs, Lokasi Geografis dan Iklim
Setiap wilayah dengan lokasi geografis, iklim dan akses situs yang berbeda akan memiliki karakter yang berbeda. Perbedaan karakter ini dapat mempengaruhi Anda dalam menentukan material hingga desain. Maka dari itu, penting untuk Anda mengenali karakter ketiga hal tersebut sebelum membuat desain eksterior rumah Anda.

3. Ketahui Kode Lokal
Konsep proyek yang berdampingan dengan proyek milik orang lain, menjadikan kode lokal yang berlaku penting untuk diperhatikan. Kode lokal ini di antaranya batas wilayah sesuai akta dan zonasi wilayah.


Kode lokal ini berpengaruh untuk Anda saat menjalankan kinerja membuat desain eksterior. Misalnya, lebar bangunan, ketebalan dinding hingga kemiringan atap. Desain yang dibuat sesuai kode lokal ini pun dapat mempengaruhi hubungan dalam bertetangga.

Baca Juga: PSBB Diberlakukan Kembali di Jakarta, Anies Tak Ingin Angka Covid-19 Meningkat Terus

4. Sesuaikan dengan Denah Lantai
Tak kalah penting, dalam membuat desain eksterior Anda harus menyesuaikan dengan denah lantai rumah. Kesesuain antara desain eksterior dengan denah lantai ini dapat mempengaruhi hasil visual dari proyek yang Anda buat. Oleh karena itu, ketika melakukan penyelarasan antara keduanya perlu dilakukan hingga berulang kali.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YR Architecthure


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x