Rumah Anda Kecil dan Ingin Terlihat Luas? Begini Cara Memisahkan Ruangan Tanpa Gunakan Dinding

- 10 September 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi interior rumah transisi.
Ilustrasi interior rumah transisi. /Pinterest

PRFMNEWS - Dalam membangun dan mendesai rumah selain memperhatikan fungsinya, nilai estetika atau keindaha perlu diperhatikan sebagai bagian dari kenyamanan. Tipe rumah yang mungil, umumnya memiliki beberapa ruang yang disatukan seperti dapur disatukan dengan ruang makan, atau ruang keluarga dengan ruang tamu.

Agar rumah Anda lebih bervariasi dalam hal desain, pemisahan ruangan dapat dilakukan untuk menambah nilai aestetik. Dilansir dari archify.com, berikut beberapa tips untuk memisahkan ruangan tanpa menggunakan dinding agar rumah Anda tidak terasa semakin sempit :

Baca Juga: PSBB di Jakarta akan Diberlakukan Kembali, Perkantoran Wajib Tutup Kecuali 11 Kantor di Bidang Ini

1. Membedakan Tinggi Lantai
Perbedaan tinggi lantai bisa menjadi solusi untuk memisahkan ruangan. Perbedaan tinggi lantai digunakan untuk memisahkan ruang keluarga dengan ruangan di bagian kanan. Dengan perbedaan tinggi lantai akan mempengaruhi visual seseorang melihat ruang yang berbeda.

2. Membedakan Material atau Motif Lantai
Dengan memasang motif yang berbeda untuk ruang yang berbeda, juga dapat menjadi solusi sebagai pemisah ruangan. Perbedaan motif lantai digunakan untuk memberi kesan bahwa dapur Anda berada di ruang yang terpisah.

3. Membedakan Tinggi Plafon
Perbedaan tinggi plafon atau langit – langit rumah juga dapat menjadi solusi sebagai pemisah antar ruangan. Perbedaan tinggi plafon digunakan untuk memberi pengaruh visual keterpisahan antara ruang keluarga dengan ruang makan.

Baca Juga: Milenial di Kota Bandung Diminta untuk Melek Politik

4. Menggunakan Partisi
Partisi adalah sekat–sekat yang digunakan untuk memisahkan ruangan. Pada partisi juga bisa terdapat rak untuk menyimpan buku, tanaman, foto, atau benda lainnya yang dapat menambah nilai aestetik.

5. Menggunakan Furnitur Lain
Cara terakhir dan yang paling mudah untuk memisahkan antar ruang yaitu dengan memasang furnitur lain, seperti rak buku, lemari, atau tirai. Dengan menyimpan furnitur lain pada batas pemisah antar ruangan, juga dapat memberi kesan pembeda dari satu ruangan ke ruang yang lain.*** (Nadya Kinasih Akautsar/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: archify.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x