Mengenal Ragam Jenis Susu yang Biasa Dikonsumsi dan Berdasarkan Cara Mengolahnya

- 27 September 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi susu.
Ilustrasi susu. /Pixabay/

PRFMNEWS - Siapa yang tak mengenal susu sapi? Sejak kecil rasanya semua orang sudah sering mengonsumsi susu sapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sehari-hari. Namun, sebetulnya susu sapi tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak, tetapi juga bisa dikonsumsi secara rutin oleh orang dewasa.

Susu sapi yang segar biasanya memiliki cita rasa yang relatif creamy dan banyak digunakan untuk keperluan lain selain dikonsumsi langsung.

Namun, tahukah kamu jenis-jenis susu sapi berdasarkan cara mengolahnya mulai dari susu murni hingga susu organik.

Baca Juga: dr.Zaidul Akbar Bagikan Resep Minuman Pengganti Susu agar Tulang Jadi Kuat

Berikut adalah jenis-jenis susu yang umum dikonsumsi dan bisa diperoleh dengan mudah di pasaran. Keep scrolling gengs!

  • Susu Pasteurisasi

Salah satu dari jenis-jenis susu yang biasa dikonsumsi adalah susu pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pengolahan susu sapi dengan menggunakan teknik pemanasan yang bertujuan untuk mengurangi jumlah bakteri/mikroorganisme dalam susu yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

Pasteurisasi dilakukan dengan suhu 63–72 derajat Celcius selama 15–30 detik. Hasil dari pengolahan pasteurisasi ini adalah susu full cream (kandungan lemak susu 3,25%), low-fat milk (kandungan lemak susu 1%), dan skim milk (kandungan lemak susu 0,1%). Ketiganya pun memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda.

  • Susu UHT

Susu UHT adalah salah satu dari jenis-jenis susu di pasaran yang pengolahannya melibatkan proses pemanasan dan sterilisasi pengemasan. Proses ini bertujuan untuk memastikan agar bakteri atau mikroorganisme beserta sporanya tidak berkembang biak di dalam kemasan tertutup.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x