Bahaya! Jangan Minum Teh Setelah Makan, Yuk Cek Penjelasannya

- 30 Agustus 2023, 11:40 WIB
ilustrasi hijau
ilustrasi hijau /Pexels @Maria Tyutina/

PRFMNEWS - Sempat viral di media sosial imbauan untuk tidak minum es teh setelah makan bakso. Konten ini menjadi perhatian karena teh adalah salah satu minuman populer pendamping makanan.

Padahal minum es teh sangat enak dan menyegarkan apalagi jika setelah makan makanan pedas dan berkuah.

Sayangnya, sekarang ada larangan minum es teh setelah makan bakso di berbagai media sosial maupun pesan berantai. Hal ini karena dianggap berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apakah benar demikian?

  1. Risiko minum teh setelah makan

    Teh mengandung tanin yang dapat mengikat mineral, termasuk zat besi, sehingga dapat mengurangi penyerapan zat besi pada saluran pencernaan, dilansir Asosiasi Keluarga Gizi Departemen Ilmu Gizi FKUI.

    Jadi, kandungan tanin yang ada di dalam teh ialah salah satu zat antinutrisi. Tanin berhubungan dengan protein hingga bisa membentuk senyawa kompleks yang tidak larut. Senyawa kompleks tersebut nantinya bisa mengurangi protein dan enzim di saluran pencernaan.

    Padahal, kedua nutrisi ini penting banget lo buat menjalankan berbagai fungsi tubuh, seperti membentuk jaringan dan sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menghasilkan darah yang kaya oksigen.

    Pada akun TikTok @nadialaydrus juga mengatakan tanin bisa ditemukan pada teh hijau maupun teh hitam. Maka dari itu, disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih, jus jeruk, dan juga susu sebagai pengganti nutrisi untuk kebutuhan tubuh.

  2. Bukan cuma gizi pada makanannya aja yang nggak terserap dengan baik, senyawa antioksidan pada teh juga jadi berkurang

    Minum teh tepat setelah makan memang menyegarkan sih. Tapi sayang, efeknya nggak cuma mengikat protein dan zat besi, kandungan antioksidan baik yang ada di dalam teh juga jadi berkurang.

    Padahal yang tadinya antioksidan ini bisa memelihara kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah dan mencegah kanker, malah jadi menurun ketersediaannya ketika sudah masuk ke tubuh dan bercampur dengan makanan yang belum tercerna sempurna.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x